Perempuan Juga..?

Ini buat laki2 atau perempuan? Kalau perempuan kan malu2 buat usaha.. ? Demikian kira-kira pertanyaan Syarah, mengomentari Ideal Lover (tAoFiL 16).

Ya, pasti ya.. Soal malu-malu itu milik kedua jender. Tapi jangan mau menjadikan malu sebagai penghambat sesuatu yang asik, indah, dan membahagiakan dalam hidup anda.

Dalam posting itu, kita menekankan pentingnya berusaha. Artinya jangan membiarkan keadaan datang sendiri.  Terjadi tanpa harus berusaha.

Karena justru dalam berusaha itulah kita merasakan nilai yang sesungguhnya.  Dalam berusaha itulah orang lain bisa melihat nilai kita.  Dalam usaha itulah terjadi transfer kebahagiaan.

Dan bila kita mengasihi orang ini, usaha itu tidak melelahkan. Itu enjoyable.

Kita perlu mereka-reka, merencanakan, membuat inisiatif, membayangkan apa yang akan membuatnya surprised. Apa yang akan menyenangkannya.  Apa yang akan mengalihkannya dari beban hidupnya.

Saat Cleopatra, ratu cantik dari Mesir, tertarik pada Julius Caesar, penguasa Romawi, ia memperlakukan Julius Caesar seperti dewa.  Ia menyadari ada rasa rendah diri pada Julius Caesar. Maka setiap percakapannya, Cleopatra berusaha membangkitkan semangat Caesar. Ia memperlakukan Caesar seakan-akan ia Alexander Agung, jenderal idola Caesar. Sampai Caesar penuh percaya diri. Begitu cara Cleopatra mendapatkan hati Julius Caesar.

Apakah effort seperti itu susah?  Ya jelas susah. Tapi dengan senang hati ia lakukan, karena ia mencintai Julius Caesar.

Kalau ada dua wanita yang mengingini Caesar, satu diam-diam saja dan malu-malu sambil menunggu, sedangkan satunya Cleopatra yang berjuang memberikan apa yang kosong dalam hidup Caesar, siapa yang akan mendapatkan hati Caesar?

Jadi kalau kita benar-benar mencintai kekasih kita, kita harus memikirkannya.  Harus mengusahakan apa yang ia perlukan.  Harus berjuang agar ia senang. Harus berupaya agar kekosongan dalam hidupnya terisi. Harus membuat ia tumbuh berkembang indah.

Dan inilah makna cinta yang sebenarnya. Cinta dalam verb, kata kerja, operasional.

Dan tidak mudah, dan memakan waktu lama.  Well…, seumur hidup. Tapi di sanalah, dalam usaha kita itu, the privillage to love your sweetheart, kebahagiaan yang sejati akan berada…




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: