Musik vs Noise

Bagaimana kualitas komunikasi kita? Saya membaginya ke dalam dua golongan: musik dan noise. Sama-sama bunyi.  Tapi musik menyenangkan dan berguna, sedangkan noise itu mengganggu dan sia-sia.

Sebenarnya dalam komunikasi yang nyambung itu cuma ada dua hal: pernyataan cinta dan tangisan butuh perhatian.  Ya, cuma dua itu.  Entah menyatakan I love you so much, dengan berbagai cara langsung atau terselubung, atau Please understand me and help me. Cuma dua itu. Di luar itu, sia-sia. Cuma noise.

Ingat dalam komunikasi antar orang, bukan fakta yang penting.  Bukan informasi yang penting.  Bukan argumen yang penting. Tapi how it makes us feel. Perasaan apa yang ditimbulkan. Spirit apa yang dihidupkan.  Sukacita apa yang dibangkitkan.  Persis seperti nyanyian, bukan?  Ada kata-kata, ada lirik, tapi yang disasar itu sebenarnya perasaan kita.

Jadi pastikan kalau kita bicara pada orang, berkomunikasi pada orang, bercakap dengan orang, kita sebenarnya mengkomunikasikan satu dari dua hal itu.  Entah inti percakapan, atau bobot percakapan. Maksudnya, entah suatu pernyataan langsung, atau dilakukan dengan cara, mimik, dan ekpresi itu.

Kemudian kalau ada orang berbicara pada kita, coba cari maknanya.  Mungkin kata-katanya beragam, tapi coba mendengar dulu dan menyimak. Apakah orang ini sedang berekpresi kasih sayang, atau sedang menangis butuh bantuan dan pengertian.

Kemudian usahakan dialog itu kemudian diarahkan pada satu dari kedua ekspresi itu. Karena itulah esensi tujuan komunikasi antar manusia.

Percakapan kita akan menjadi asik dan menyenangkan kalau kita mengarah ke sana.  Percakapan kita itu menjadi seperti musik. Di luar itu, ucapan kita itu akan menjadi seperti noise. Gangguan.

Di tengah hiruk pikuk kehidupan, orang sangat butuh musik bukan noise. Jadi mari kita berusaha berbicara dengan cara yang indah dan menyenangkan lawan bicara.  Minimal kalau bicara pada saya,  hehe..




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: