Active Life

Kalau benar setiap pengalaman memberikan sesuatu yang berharga, maka mengapa kita tidak dengan sengaja mencari pengalaman itu? Hidup yang aktif adalah hidup yang sengaja mencari pengalaman.

Ada masanya saya sangat berhati-hati. Maksudnya saya tidak mau terlibat dalam banyak hal. Tidak bersedia melakukan suatu tugas atau tanggungjawab yang ditawarkan. Tidak mau menghadapi situasi yang baru, yang saya tidak siap.

Ini saya lakukan karena saya tidak mau kecewa. Saya tidak mau mendapat pengalaman buruk. Karena pengalaman-pengalaman seperti ini membentuk diri saya. Maksudnya bila ada suatu situasi membuat saya mendapat perlakukan buruk, maka saya tidak mau lagi berada pada situasi itu. Kasarnya, ada trauma yang membuat saya belajar untuk menghindar.

Tapi kemudian saya menyadari bahwa di setiap pengalaman, seberapapun buruknya, selalu ada seuatu yang bernilai. Sesuatu yang saya percaya bisa menyenangkan saya. Sekecil apapun itu. Pengamalam buruk membuat kita belajar, membuat lebih sensitif, membuat kita semakin kuat. Kita bisa bertumbuh dan semakin mampu berkontribusi, memberi pada orang lain.

Secara sederhana: pengalaman baik menyenangkan kita, pengalaman buruk memintarkan kita.

Jadi saya tidak lagi menghindari situasi-situasi yang berpotensi masalah. Tentu bukan cari-cari masalah. Karena perlakuan yang tidak menyenangkan itu lebih sering berupa accident, by chance. Jadi tidak selalu terjadi. Misalnya saya pernah dikerjain sopir taksi di BSM, malam-malam pulang dari airport dengan bus Primajasa. Saya harus bayar mahal, seharga tarif bus Cengkareng-Bandung. Tapi tidak berarti saya kapok naik taksi dari BSM. Next time saya tidak lagi bakal kena diketok harga mahal. Saya akan jalan ke luar BSM, dan di situ menanti taksi Blue Bird dengan harga argo yang wajar. Kejadian dulu itu saya anggap sebuah accident saja.

Jadi lebih tepat adalah kita dengan sengaja ingin belajar, ingin melihat apa yang bisa kita nikmati dari situasi yang baru. Kita belajar tidak trauma, tidak kapok. Belajar menghapuskan trauma, dengan menghadapinya ulang. Tentu kali berikut kita lebih siap.

Kalau kita bisa menerima jalan pikiran ini, maka kita bisa hidup active life. Hidup sengaja mencari pengalaman baru. Tidak cemas dengan situasi baru, sehingga selalu berusaha mencari aman, tapi malah bergairah dengan pengalaman baru yang bakal datang.

Apakah ada hal yang belum pernah anda lakukan? Why don’t you just do it now?


  1. rizki

    i just found your blog sir, fuih…
    Saya orang potensial yg tenggelam dlm kesinisan hidup, beruntung Tuhan masih memberi banyak kebaikan sehingga posisi saya lumayan bagus.

    Membaca blog Anda, semoga dapat mengkikis perlahan-lahan kesinisan tersebut.

    Terus berkarya Pak. Saya akan ikuti terus karya Anda.

    Regards

  2. betul pak, harus menjadikan pengalaman sebagai pelajaran yang berharga. justru kalo gak pernah salah, kita gak pernah belajar.

  3. Mencari pengalaman ya ?
    Kadang-kadang sulit sekali untuk keluar dari comfort zone yang sudah lama terbentuk…

  4. Jika kita tak berani mencoba hal baru, kita juga tak belajar apa-apa.
    Mencoba hal baru, mungkin kagagalan bisa menyebabkan trauma, namun kita mesti berbesar hati…bukankah tak selamanya semua bisa sekali jadi. Banyak yang memerlukan berkali-kali usaha baru bisa berhasil…tanpa usaha, tak ada pengalaman yang membuat kita makin wise, dan membuat kita makin mengerti dimana letak kesalahan yang kita perbuat.




Leave a Reply

