Rasa Takut

Rasa takut itu sering menghantui kita. Tapi itu sebenarnya adalah sebuah sinyal.  Sinyal bagi kita untuk do something.

Rasa takut itu sangat mengganggu. Membuat kita gelisah. Membuat kita uring-uringan.

Tahun lalu saya pernah merasakan ketakutan yang luar biasa.  Taku sakit.  Takut saya mengidap penyakit parah. Setiap saat saya menunggu gejala-gejala sakit itu.  Sampai tekanan darah saya naik. Dan saya bolak-balik ke dokter.  Uang habis untuk periksa lab, cek darah, bahkan opname.

Perlu waktu lama untuk menyadari bahwa sebenarnya saya OK.  Sebenarnya saya tidak sakit.  Semua itu cuma dalam pikiran saya. Ketakutan dan kecemasan saya itu ada di pikiran saya semata.

Hari ini kondisi saya jauh membaik. Bulan ini saya mau merayakan bulan tanpa ke dokter. Saya tidak keluar uang untuk bayar resep. Jadi uangnya mau saya pakai untuk nraktir anak saya hehe.

Bagaimana cara saya mengatasinya?

Dengan melawan pikiran takut itu.  Dengan menyadari rasa takut itu sangat wajar, dan adalah sahabat kita.  Ia memberitahu pada kita sesuatu. Ia minta kita untuk take care sesuatu. Ia minta kita untuk mengklarifikasi sesuatu.

Dalam hal takut sakit itu, dia minta kita mencek apakah kondisi tubuh kita ok. Saya mengandalkan hasil lab yang bagus, hasil dokter yang OK, dan yang paling penting saat saya bangun pagi saya masih bisa menggerakkan semua anggota tubuh, masih bisa berpikir, masih bisa mengingat, dan masih bisa tertawa.  Dan semua fungsi tubuh yang normal masih berjalan. Itu semua tanda dan bukti saya tidak sakit. Dan saya “lapor” hal ini pada pikiran saya, dan dia bisa “terima”.

Ketakutan saya menghilang.

Jadi rasa takut itu apa sih?  Itu cuma sinyal dari tubuh kita untuk berkata : bersiap-siap.  Be prepared.  Ada kondisi yang akan datang, dan kita perlu bersiap. Itu saja kok. Nah kalau kita sudah siap, rasa takut itu pergi menghilang.

Anda merasa takut hari ini?  Ada sesuatu yang mencemaskan hati anda? Tanyakan pada diri sendiri, situasi apa yang kemungkinan anda hadapi? Apa jawaban anda untuk semua situasi ini?  Siapkanlah diri menghadapi semua situasi itu. Bila sudah, maka tenangkalah hati kita. We are ready.


  1. yes, we are ready …

  2. Rasa takut memang harus diatasi….
    Sama seperti halnya takut mencoba sesuatu..padahal setelah dicoba, baru merasakan apakah sulit, atau mudah….dan ternyata tak masalah jika saat pertama kali tak berhasil.

    Terkadang kita juga takut atas bayangan ketakutan itu sendiri..

  3. @edratna : Setuju bu ! Saya sering mengalami hal seperti itu…hehe..

  4. Nice story..🙂 bgmn dg phobia thd sesuatu?




Leave a Reply

