Mengejek

Katanya semua di dunia ini, positif atau negatif, selalu bisa bermanfaat. Nah, saya juga berusaha mengerti apa manfaat dari mengejek. Kapan mengejek itu berguna?

Ejekan itu kata-kata dan sikap menghina.  Ini sangat negatif, karena bisa membuat orang marah.  Bisa membuat pertengkaran, permusuhan, bahkan peperangan.

Jadi rasanya tidak ada situasi di mana ejekan bisa berguna, bukan?

Saya juga pikir begitu, sampai kemudian tadi malam saya menyadari. Ada situasi dimana ejekan bisa menolong kita.

Penjelasannya agak rumit. Sabar ya.

Salah satu hal paling penting adalah menjaga pikiran.  Pikiran kita bisa berisi pikiran positif, bisa berisi pikiran negatif.  Keduanya adalah kepercayaan (belief). Pikiran positif membuat kita bersemangat, kreatif, dan senang.  Pikiran negatif membuat kita lemas, tidak percaya diri, kecewa, dan susah.

Dan pikiran negatif itu sering seperti makhluk hidup.  Berjalan dalam pikiran kita.  Seperti monster yang tumbuh semakin besar. Dan mengharu-birukan pikiran kita. Dan kita tidak mampu mengatasinya.  Monster ini memaksa kita untuk percaya akan kekurangan kita, kelemahan kita, ketidak sehatan kita.  Monster ini memaksa kita percaya bahwa orang lain membenci kita, dunia memusuhi kita, orang melihat kita jelek.

Kita harus mengusir monster ini, pikiran negatif ini, kepercayaan yang negatif ini.

Bagaimana caranya?  Nah salah satu yang sangat powerful adalah dengan mengejeknya: wow, how stupid you are.. how rediculous your beliefs about me are.. Kira-kira begitu.  Satu cara ampuh untuk mengusir pikiran negatif adalah dengan menghina dan menertawakannya.

There you go.  Jadi ada juga ternyata kegunaan ejekan.  Bukan untuk orang lain tapi untuk pikiran-pikiran buruk yang selalu mengajak kita percaya bahwa something wrong with us.

Advertisements

  1. Iya pak. Pengalaman ternyata pikiran dan prasangka negatif itu tyt kbanyakan salah belaka..

  2. Yep, saya termasuk yang setuju bahwa pada dasarnya segala sesuatu itu baik. Kepercayaan kita lah yang membuatnya menjadi buruk.

    Hmmm, sounds interesting. jadi dapat ide untuk nulis pak. Inspiring post nya 😀

  3. ikminmukirimin

    Buat yang doyan slugfest / pissing contest, banyak koq forum-forum online di internet. Yang gw suka sih indonesiamatters.com….




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: