Perspektif dari Atas

Semua tahu bahwa fakta hidup itu netral, tapi perspektif kita itu menentukan bagaimana perasaan kita tentang fakta itu. Suatu kejadian yang sama bisa membuat gembira atau kecewa. Bergantung perspektif.

Coba anda tebak gambar berikut ini gambar apa? Ini adalah lukisan seorang artis dengan cat. Mungkin sebuah lukisan abstrak ya.  Atau lukisan tanaman. Atau chaos.

morning_sunlight_face_udMemang tidak begitu mudah bukan.  Tapi kalau anda perhatikan, bagian atas seperti bentuk wajah manusia. Ada dagu dan mulut wanita.

Ya betul.  Gambar tersebut sengaja saya balik. Untuk gambar ini bisa di lihat dengan lebih tepat, kita perlu perspektif dari atas.  Gambar sebenarnya kalau di lihat dari atas seperti ini.

morning_sunlight_faceLukisan sang artis ini adalah wajah cantik.

Kamarin di kebaktian minggu di gereja kami, bapak pendeta memberikan contoh seperti ini tentang hidup kita. Gambar yang tidak begitu bermakna kalau di lihat dari bawah, tapi bermakna jelas kalau di lihat dari atas.

Saat Sang Artis Agung melukis hidup kita, kita bisa salah perspektif.  Kita bisa menganggap hidup kita kacau, berantakan, dan tidak berbentuk. Kita menggunakan ukuran kita, perspektif kita untuk melihat bahwa kita buruk, tidak berharga, kacau, dan gagal.

Padahal kalau di lihat dari perspektif Sang Artis, perspektif dari atas, hidup kita semakin hari semakin berbentuk, indah, cantik.

Jadi penting bagi kita untuk melihat segala sesuatu dari perspektif Sang Pencipta. Dari Sang Artis Agung, pelukis hidup kita. Jangan terlalu men-judge diri kita secara negatif. Sehingga kita menyerah dan membiarkan hidup kita berantakan.

Karena di mataNya kita adalah makhluk mulia. Makhluk indah.

Mari hidup menurut standarNya.

Advertisements

  1. Setuju sekali Pak!

  2. Shalom Bang…
    Setuju bangat dgn opininya yg menarik dan inspirasional. Hidup memang indah dan indah pada waktunya.Disain kehidupan oleh Sang Pencipta luar biasa.Walau banyak tantangan dan keraguan,itu adalah misteri Ilahi.Disitulah letak keagungan Sang Pencipta.Berkat dan anugrah pasti slalu ada dari-Nya.Yang jelas harus diimani smuanya baik.Tapi mesti tetap berjuang dan tak henti berimajinasi sturut kehendak dan perspektif-Nya.
    Salam dari kami BPC dan anggota biasa GMKI Bdg.Ut Omnes Unum Sint.GBus.

  3. Betul pak. Oleh karena itu kita harus menjaga agar kita selalu berpikir positif. Dengan berpikir positif, pandangan kita atas segala sesuatu di sekeliling kita akan berbeda, dan melatih kita juga lebih sabar




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: