Saat Gelap Datang

Dengan mata kita bisa melihat sekeliling. Bisa melihat dengan jelas dan jernih.  Tapi saat suasana menjadi gelap, mata kita tidak berdaya.  Kita memerlukan mata aktif.

Nikmat sekali kita bisa melihat.  Tinggal memalingkan muka dan memandang pada sasaran, maka kita bisa melihat sasaran tersebut.  Kita bisa melihat pemandangan.  Makanan.  Tujuan jalan. Bahkan orang lain, yang mungkin akan menjadi jodoh kita.

Begitu menarik dunia ini melalui mata kita.  Sampai suatu saat situasi mengjadi gelap.  Matahari tidak bersinar.  Lampu padam.  Mata kita tidak berdaya.

Bila ini terjadi, ingatlah akan kelelawar.  Ia tidak melihat di waktu malam.  Tapi ia aktif membunyikan nada tertentu.  Pantulan dari bunyi ini membuat ia bisa mengetahui keadaan sekitar kita.

Ingat radar di bandara. Sistem radar memancarkan sinyal ke langit, dan antena menangkap pantulannya.  Ini menghasilkan gambaran sekitar langit.

Ingat dokter kandungan melihat bayi dalam rahim ibunya.  Ia membunykan suara ultrasound yang kemudian dipantulkan bayi ini.  Pantulan ini di tangkap untuk dilihat di layar.

Ingat insinyur perminyakan.  Yang mencari minyak di bawah bumi.  Ia meledakkan dinamit, kemudian sensor menangkap pantulan profil bumi, di mana minyak berharga itu tersimpan untuk dibor.

Semua itu menerapkan mata aktif, bukan mata pasif. Semua melontarkan sesuatu yang akan dipantulkan.

Kalau anda bingung menghadapi masalah yang pelik dan tidak ada jalan keluar yang jelas, ingat prinsip ini.  Do something yang tidak langsung berhubungan dengan hal tersebut.  Tapi dari situ kita mendapatkan reaksi.  Dari reaksi itu kita bisa mengathui duduk perkara untuk diatasi.

Kalau dunia gelap, kita perlu mata aktif.


  1. btw. sudah pernah makan di the blind, ciwalk? anak-anak pasti suka, karena anak saya yang malah sudah makan di situ – bersama abg abg lainnya 🙂

    Do something yang tidak langsung berhubungan dengan hal tersebut. <– bagus, setuju. antara lain dengan main2 ke blog bapa ini ya 🙂




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: