Zen to Done

Zen to Done (ZTD) adalah konsep kebiasaan (habit) kerja yang efektif.  Saya merasa beban kerja terlalu banyak, sehingga saya memerlukan cara kerja yang efektif. Saya menemukan ZTD ini sebagai cara yang layak untuk diperkenalkan.

Saya sedang mencari berbagai cara yang tepat untuk saya gunakan sehari-hari. Beban pekerjaan sering terlalu banyak, sehingga otak kita macet, hang, lumpuh. Terlalu banyak yang harus dipikirkan.  Terlalu banyak yang harus diingat.

Nah, ZTD ini mengajak kita untuk membangun kebiasaan.  Ada sepuluh kebiasaan yang  perlu dibangun.  Satu sampai tiga setiap bulan. Empat pertama yang paling dasar. Empat yang kedua yang lebih lengkap.  Dan dua terakhir adalah yang advanced.

Kesepuluh habits itu sebagai berikut:

  1. Collect.  Semua pikiran yang melintas yang kita rasa perlu untuk ditindak lanjuti perlu dicatat.  Jadi setiap saat kita membawa buku catatan untuk itu.
  2. Proses. Minimal sekali sehari daftar di buku itu diproses.  mana yang langsung dikerjakan, mana yang di delegasikan, mana yang di coret, mana yang dicatat untuk diinkubasi, mana yang masuk ke kalender, dan mana yang masuk ke task list.
  3. Plan. Setiap minggu, cek daftar task list ini untuk memilih mana yang hendak diprioritaskan.  Mana yang openting.  Setiap hari pilih 1-3 most important things (MIT) yang harus dilakukan.
  4. Do (focus). Ambil task lisk ini, dan kerjakan MIT ini satu persatu dengan tuntas.
  5. Simple trusted system. Setiap hari tata task itu menurut konteksnya. Menurut proyeknya, sehingga bisa dikerjakan lebih efisien.
  6. Organize. Selalu menata tugas dengan terstruktur. Jangan ditumpuk.
  7. Review.  Setiap minggu review sasaran mingguan apakah tercapai atau tidak.  Review juga apakah tujuan mingguan untuk tahun ini mendapat kemajuan.  Setiap bulan review target bulanan.  Tiap tahun review target bulanan dan tujuan hidup.
  8. Simplify. Kurangi target dan tugas pada hal-hal yang esensial. Lakukan ini setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan.
  9. Routine. Jadikan ini seperti kebiasaan ritual. Tuags tertentu selalu dilakukan pagi.  Tugas lain dilakukan selalu siang. Dan seterusnya.  Seperti makan, ada sarapan, makan siang, dan makan malam.
  10. Find Your Passion. Cari tugas-tugas yang menyenangkan.  Yang buat kita lupa waktu.  Usahakan anda bisa membangun karir di atas kesenangan ini.

Berbagai metoda sudah pernah saya coba.  Saya pikir cara ZTD ini termasuk yang paling optimal.


  1. great tips !
    makasih pak 🙂

  2. akhmad

    terimakasih pak…

  3. Tips yang sangat bagus, akan dicoba untuk diimplementasikan. Thanx Pak Armein.

  4. dicoba pak!
    haturnuhun…pas banget nih buat bekal mahasiswa taun terakhir di iTB spt saya…

  5. Pak Armein, kalau menurut Stephen R. Covey’s ada 7 kebiasaan yg sangat efektif. Bukunya jg ada. Bagus jg untuk diterapkan.
    http://www.quickmba.com/mgmt/7hab/

  6. Passion itu ternyata tingkat advance yah.. Mana no 10.. Katanya, hidup musti ada passion?

  7. Wow, saya baru saja membaca ebook ZenToDone tadi malam. Leo Baubuta memang canggih!😀

    @Adhi
    Zen To Done itu kombinasi dari 7 habits dan Getting Things Done🙂

  8. pasmlakumlaku

    “wadah… exactly what i need… makacieh… n salam kemakmuran.”




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: