Duet di Bandos

Senin sore kemarin jam 16:30 Bandos jadi mengisi panggung Dies Emas.  Menyenangkan juga, karena mahasiswa pada datang, dan nonton. Rupanya termasuk mahasiswa kuliah saya, hehe..

Sebenarnya saya agak risih main band di depan mahasiswa sendiri. Kayak yang nggak ada kerjaan, gitu lho. Lagian sering mahasiswa lebih jagoan dalam urusan beginian. Tapi apa boleh buat. Bandos sudah dijadwal tampil, jadi saya patuh saja.

Sebenarnya jam 13:00-15:00 siangnya saya mengajar Sinyal dan Sistem bagi mahasiswa STEI. Kebetulan bahannya lagi banyak persamaan matematika.  Saya lihat mahasiswa-mahasiswa saya sudah rada ngantuk sambil juling. Ngantuk karena sore, dan juling karena banyak persamaan matematika. Kasihan juga.  Jadi selesai kuliah, saya suruh mereka istirahat di depan panggung, sambil lihat Bandos.

Di panggung sengaja saya duduk santai di belakang, sambil memainkan gitar dan keyboard. Supaya santai, tapi juga terlindung dari lontaran botol aqua kalau jelek. Penontonnya rupanya senang dan enjoy.  Jadi kita bisa main dengan fun.

Lagi duduk santai, tahu-tahu saya dipanggil, suruh duet dengan Budi Rahardjo. Walah. Nyanyi di depan tarik tambang sih sudah pernah.  Tapi ini di depan mahasiswa yang sebanyak itu.

Yah sudah. Gunakan saja prinsip burung. Burung itu kalau bersiul tidak pernah peduli apa kata orang.  Tidak kuatir siapa yang dengar. Bunyi saja sesuka dia. Sambil tidak kedengaran di monitor speaker. Jadi fals atau tidak nggak ketahuan.

Tadi selesai saya mengajar Sinyal dan Sistem, mendadak ada mahasiswa tanya, “Pak kapan Bandos main lagi…, ingin  nonton lagi..” Wah, saya jadi ingat, sempat jadi burung Senin sore itu di depan mereka. Sambil menahan tawa, saya jelaskan bahwa untuk main Bandos, kita juga harus latihan.  Seperti mereka yang harus belajar untuk ujian.

Saya berharap mahasiswa saya tidak hanya belajar dan latihan untuk ujian atau untuk tuntutan pekerjaan.  Semoga mereka juga mau latihan untuk sesuatu yang berakhir di having fun


  1. keren kok pak bandosnya kemarin.. =)

  2. wah bandosnya keren pak… ini ada sedikit oleh2.. saya bingung mau ngasih nya gimana saya hosting aja..hehe

    link nya: http://img16.imageshack.us/img16/9595/azrl.jpg

  3. azrl

    @dyod: Cool, thanks ya 🙂




Leave a Reply

