Hidup adalah Mawar

Jarang ada yang bisa mengalahkan keindahan bunga mawar. Meskipun mawar sebenarnya berduri tajam, kita tetap terpukau oleh keindahannya. Demikian juga seharusnya hidup kita. Kita bisa perih tertusuk duri kehidupan. Tapi kita harus fokus pada keindahannya.

Desktop background dari notebook saya adalah gambar mawar merah. Saya search dan download dari Internet, dan saya suka. Kalau lagi capek kerja dan kepala berdenyut, saya pandangi gambar itu.  Lumayan menenangkan pikiran. Sambil kagum, kok bisa yang bagus gini. Penuh lekak lekuk, lapisan yang tidak teratur tapi harmonis. Bersama-sama membentuk keindahan.

Orang yang pernah menanam mawar, atau dekat dengan pohonnya, akan tahu bahwa batang mawar itu berduri.  Kecil tapi tajam.  Kalau kita tidak hati-hati, durinya bisa menusuk. Perih.

Tapi pecinta mawar tidak peduli.  Tidak pernah memikirkan itu.  Duri dianggap biasa.  Dianggap bagian yang tidak terpisahkan dari mawar. Mereka cukup menghindarinya.  Ataupun kalau tertusuk sedikit, cuma meringis sebentar. Karena keperihan itu tidak ada artinya dibanding keindahannya.

Saya pikir kehidupan juga sebenarnya begitu. Seindah mawar merah itu. Penuh lekak lekuk, lapisan yang tidak teratur tapi harmonis. Bersama-sama membentuk keindahan.

Dan sekali-kali duri kehidupan menusuk kita.  Memerihkan kita.  Yah, meringis saja sebentar ya.  Karena keperihan itu tidak ada artinya dibanding keindahannya.

Daripada pusing memikirkan mengapa mawar bisa berduri gini, lebih baik mengagumi mengapa duri bisa bermawar gini…


  1. Nice analogy Pak Armein, membuat kita lebih menghargai dan menikmati indahnya kehidupan tanpa lupa bahwa kepedihan adalah juga bagian tak terpisahkan dari kehidupan itu …

  2. parmis

    di situ enak nya hidup di balik ke bagusan atau kecantikan pasti ada ke jelekan nya atau racun

  3. santi

    Bravo buat bapak.

    Aku jg penyuka bunga…khususnya mawar. Sampai parfum yang saya pakai jg mawar bgt. Tp lebih dari semua itu adalah makna di balik indahnya mawar.
    Sip, saya sepakat dengan Bapak. Hidup itu lengkap karena ada kelebihan dan kekurangan, ada jelek dan ada bagus. Nikmat berupa sakit, sedih , duka dsb itu yg sering membuat kita lupa bersyukur atas segala Anugrah tuhan.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: