361 Peradaban di Bimasakti?

Duncan Forgan mengestimasi ada 361 peradaban cerdas di Bimasakti. Estimasi ini diperoleh simulasi komputer di University of Edinburgh Scotland, berdasarkan data-data jumlah earthlike planet di galaksi kita itu.

Planet bumi sangat unik.  Posisinya dari matahari sedemikian optimal sehingga tersedia air yang melimpah untuk menghadirkan kehidupan.  Kehidupan itu dimulai dari spesies primitif dan berkembang hingga spesies canggih seperti manusia.  Canggih karena bisa membangun peradaban.

Alan Boss, astronomer di Carnagie Institute memperkirakan ada seratus miliar planet yang optimal menyerupai bumi di galaxy Bimasakti.  Dan ini memungkinkan adanya kehidupan, bahkan peradaban di luar planet bumi.

Para peneliti di Skotland itu mengambil data-data seperti ini untuk membangun virtual world di atas super komputer.  Di sana mereka mensimulasikan skenario kemungkinan tumbuhnya peradaban di planet lain.  Hasilnya ada sekitar 38000 kemungkinan sempat munculnya peradaban, dan 361 di antaranya cerdas.

Memang adanya kehidupan di luar planet kita itu sudah menjadi impian dan fantasi banyak orang.  Tapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi komputasi mulai memberikan hipotesis yang semakin kredibel tentang hal ini.

Asik banget kalau suatu saat betulan mendarat pesawat extrateresterial yang membawa makhluk luar angkasa.  Mungkin perasaan hebohnya sama dengan saat bangsa Indian melihat Columbus berlabuh.  Atau orang Banten saat melihat pelaut Belanda tiba. Who are those people?  Dan kita kemudian ditaklukkan oleh bangsa pendatang yang kelihatannya superior. Tapi lalu kita fight back, sehingga hari ini kita bisa setara dalam komunitas global.

Sejarah mungkin berulang, tapi dalam proporsi galaksi.

See more at the CNN.


  1. agusozai

    salam UFO. saya mohon maaf ikut urun rembug. saya adalah penggemar dunia UFOLOGY, dan salah satu hasil penelitian Prof. Dr. J. A. Haynek, menyatakan bahwa peradaban ekstrateristerial itu memang kerap kali mengunjungi bumi. ada banyak fakta mengenai hal ini. dan bisa di baca di buku UFO, karya Rupet Mattew (penerbit Kharisma)




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: