It is our home

Apakah dunia ini tempat kita tinggal atau tempat kita lewat saja?

Saya pernah menulis posting tentang ini, tapi saya ingin mengulangnya kembali.

Mengapa toilet umum cenderung jorok?  Karena penggunanya merasa cuma numpang lewat.  Jadi tidak ada rasa ingin menjaga kebersihannya.

Dalam banyak hal, kita juga sering begitu.  Kita hanya lewat saja dan tidak merasa perlu untuk meninggalkan tempat itu dengan kondisi lebih baik.

Dalam skala kecil, berapa banyak mahasiswa merasa perlu meninggalkan tradisi yang baik di kampus? Saya mengerti.  Sebagai mantan mahasiswa, saya dulu juga merasa bahwa saya hanya lewat di kampus.  Saya diterima kuliah.  Saya bayar SPP.  Saya belajar baik.  Setelah itu saya lulus dan meninggalkan kampus.

Apakah kampus menjadi lebih baik sepeninggal saya, I didn’t really think about it.

Tapi sebenarnya ada yang bisa kita lakukan sebagai mahasiswa.  Misalnya menghentikan suatu tradisi yang tidak baik, tidak sehat. Seperti perpeloncoan.  Kalau kita mengalami perlakukan tertentu yang kurang baik dari senior, tidak berarti kita harus melakukannya pada yunior kita. Kita bisa menghentikannya pada generasi kita.

Barangkali kita semua ini pengembara di dunia ini, termasuk di kampus.  Tapi saya pikir kita bukang sembarang pengembara.  Kita harus menjadi pengembara yang selalu meningkatkan kehidupan di manapun kita singgah.

Supaya saat kita lewat ke kehidupan berikutnya, dunia menjadi sedikit lebih baik. Karena dunia ini tetaplah adalah rumah kita.

  1. benar pak. meskipun orang jawa bilang dunia ini hanya mampir ngombe, tapi alangkah eloknya jika kita tidak meninggalkan cangkir kotor.




Leave a Reply

