Fighting Sinusitis

Seperti yang saya curhat kan minggu lalu, sudah sepuluh harian ini saya berjuang melawan sinusitis. Tanpa menelan obat kecuali Decolgen.  Hari ini sudah jauh membaik.

Kalau penyakit ini datang, saya kewalahan.  Badan jadi meriang. Hidung gatal dan perih. Kepala sakit, pusing dan susah berkonsentrasi. Akibatnya pekerjaan saya banyak terbengkelai.

Setiap ke dokter saya diberi obat berjibun. Antibiotik dan sebagainya.  Sampai saya ketakutan. Takut terlalu banyak obat.  Kita bisa imun.  Belum lagi bahaya ke ginjal. Dan obat-obat itu mahal di ongkos.

Jadi saya lawan terus. Pernah mau berhasil sembuh, eh harus sidang S3 di ruang ber AC.  Pulang dari situ, kambuh lagi. Sinusitis itu memang bandel sekali.

Suatu saat saya pernah berobat ke klinik ITB, dan dokternya malah menyarankan untuk tidak diobati secara farmasi.  Katanya, sinusitis itu bisa datang juga dari kelelahan atau stres.  Kalau kita lelah atau stres, daya tahan tubuh menurun. Dan kuman kembali berkuasa di rongga hidung. Dia malah menyarankan saya istirahat, makan yang sehat, dan bahkan kalau mau ke akupuntur.

Jadi selama sepuluh hari ini saya berusaha dengan segala macam cara. Tidur. Olahraga. Makan buah-buahan. Minum banyak. Minta Ina mengoleskan obat gosok. Dan terakhir tadi ke akupuntur di klinik ITB.

Saya memang tidak mengerti cara kerja akupuntur. Tapi kelihatannya ia bisa menolong.  Minimal jangka pendek, untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Setelah kembali, kita harus jaga.

Juga ternyata pengaruh ketenangan pikiran itu besar sekali.  Kalau kita pusing, jadi susah tidur. Dan akibatnya tubuh jadi lemah.  Dan sinusitis jadi susah sembuh.

Hasilnya memang cukup lumayan.  Masih terasa, tapi saya bisa kerja normal lagi.  Mudah-mudahan bisa semakin pulih.


  1. Sy juga pernah menderita sinus ini, bahkan bertahun-tahun. Jadi, saya biarkan saja, karena saya berpikir, bahwa tubuh punya kemampuan homeostasis, disamping itu, saya memang takut kalau ke dokter he he he …
    Baru belakangan ini saja saya paksakan ke dokter, dan ternyata saya bukan menderita sinus, melainkan alergi terhadap dingin, debu dan parfum yang menyengat saja.
    Dan sekarang sudah sembuh total.

  2. Pak, untuk sinusitis kalau ingin diobati secara tidak antibiotik coba cari propolis, antibiotik alami dari air liur lebah dan klorofil cair yang cairan hijau cair itu. Ada banyak yang menjual seperti itu, tapi kalau mau yang bagus cari saja yang merek k-link.

    Semoga bisa membantu 🙂

  3. watergold

    saya kira istirahat cukup, makan yang bergisi, lingkungan yang sehat,hangat..cukup membantu..

  4. Radang tenggorokan saya yang akut tak sembuh dengan resep dokter spesialis yang mahal plus bed rest. Malah sembuh oleh teh hijau secara tak sengaja. Banyak minum teh hijau/teh tubruk saja pak.

  5. Coba lari pas agak siangan Pak. Jam 8 – 10 pagi lah.. Terus jangan minum es dan berada di ruangan yg terlalu dingin.

  6. Wah bagus sekali artikel nya, bisa menjadi banyak masukan nih.
    Makasih ya!

    saya sedang menulis perihal sinusitis di blog saya. silakan berkunjung ya!

    http://distributor4lifeindonesia.wordpress.com/2008/12/26/pengobatan-penyakit-sinusitis-dengan-transfer-factor/

  7. dian solin

    Q da ga tau ne…..
    help me….
    tiap hari bersin da geto warnanya ijo banget truz bau…
    da geto sering banget sakit kepala…
    apa ne memang da sinusitis????
    gmana cara ngobatinnya????




Leave a Reply

