You are always right

Apapun yang kita pikirkan tentang diri kita, apakah kita bisa atau tidak, kita selalu benar. Demikian kata Henry Ford.

Henry Ford adalah orang luar biasa.  Saat begitu banyak orang berusaha membuat mobil untuk orang kaya, dia memimpikan mobil untuk setiap keluarga. Mobil untuk keluarga kelas menengah.

Banyak orang tidak menyemangati Ford.  Bahkan tidak sedikit yang melecehkan ide itu.  Karena itu ekivalen saat ini dengan membuat pesawat jet pribadi untuk keluarga kelas menengah. Tidak mungkin lah.

Yang dibuat Ford luar biasa.  Bukan membuat mobil, tapi lebih tepat dia menginvensi pabrik mobil.  Jadi yang dia utak-atik bukan saja mobil nya tapi mesin yang bisa mencetak mobil.  Assembly line yang bisa mewujudkan impiannya, mobil murah untuk semua.

Rupanya Ford mengerti bahwa bisa tidaknya seseorang melakukan sesuatu bergantung dari pikiran dia.  Kalau dia pikir dia bisa, maka dia akan bisa.  Kalau dia pikir dia tidak bisa, maka dia tidak akan bisa.

Jadi berhati-hatilah dengan pikiran kita.  Karena pikiran kita itu sangat powerful.

Whether you think you can or think you can’t – you are surely right.


  1. ika

    Wah jika demikian dahsyat kekuatan pikiran kita, maka harus hati-hati ya pak dengan isi pikiran kita. Jika isinya negatif terus lama-lama bisa benar-benar jadi negatif ya pak? Oh iya pak, terima kasih support nya ketika sidang tugas akhir dulua, saya jadi semangat lagi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga tahun ini cita-cita itu bisa diwujudkan.

  2. Biasanya, saya merasa ‘bisa’ kalau ‘jalanan’ di depan relatif jelas kelokannya… Kalau masih samar apalagi gelap, nggak berani maju…🙂

    Ada saran Pak ?

  3. Setuju Pak, harus berhati-hati dengan pikiran. Apa yang kita pikirkan selalu kejadian beneran. Saya banyak pengalaman, itu sebabnya bertahun-tahun saya mencari jawaban fenomena ini.
    Cerita sedikit, sekali waktu, ketika saya menyeberang jalan di Kelapa Gading, di zebra cross, sebuah mobil tidak mengurangi kecepetannya sedikitpun padahal saya sudah ditengah jalan. Terpaksa saya pelototin tuh mobil dari jauh, dan akhirnya bember depannya malah copot, dan dilindas oleh kendaraannya sendiri, yg tidak bisa dilewati dan terguncang-guncang tuh mobil, sehingga terseret dan berhenti pas di depan saya … he he he… sang sopir balik melototin saya, akhirnya saya kabur … Dan banyak contoh lainnya lagi Pak …

  4. watergold

    pikiran kita sebetulnya adalah do’a. jadi jika kita berfikir sebetulnya kita sedang berdoa.. maka berfikir yang baik2 saja..biar Tuhan memberikan yang baik2 juga..🙂

  5. tapi sekarang Ford justru jadi mobil hanya untuk keluarga kaya, Pak (secara harganya mahal =P)




Leave a Reply

