Prokrastinasi

Prokrastinasi adalah sebuah istilah yang menggambarkan orang menunda-nunda sebuah pekerjaan.  Banyak mikir tapi no action. Menurut riset, prokrastinasi ini disebabkan kurangnya kepercayaan diri dalam menghadapi masalah. Menurut saya, prokrastinasi itu sebenarnya proses membuat software dalam otak kita.

Dr Seam McCrea dari University of Konstranz di Jerman meneliti hal ini dengan sample 135 mahasiswa.  Hasilnya, apabila tugas yang diberikan cukup praktis, maka tugas ini lekas diselesaikan.  Tapi bila tugas ini abstrak, maka mereka cenderung menundanya.

Tugas yang praktis itu misalnya seperti mengemail prosedur membuka bank account.  Ini bisa dilakukan dengan cepat. Sedangkan yang abstrak itu memberikan review tentang nilai seni dari sebuah lukisan. Ini ditunda-tunda.

Jadi kebiasaan menunda-nunda itu bisa datang dari abstraknya tugas yang diberikan.  Karena kita tidak memiliki skill yang cukup untuk menyelesaikannya, maka kita cenderung menundanya.

Menurut saya, penundaan ini sebanarnya diperlukan bagi upaya otak kita untuk menulis software bagaimana mengeksekusi tugas itu.

Saya kira memang tugas kita untuk menerjemahkan semua tugas ke dalam potongan-potongan tugas yang praktis.  Saya menganalogikan proses ini dengan menulis software.  Orang yang belajar konputer tahu bahwa bagian hardware memiliki apa yang disebut instruction set: kumpulan perintah yang bisa dieksekusi oleh hardware.  Nah ini adalah instruksi praktis.  Saat kita mempunyai keinginan agar komputer mengerjakan tugas tertentu, maka kita menulis software.  Software itu akhirnya terdiri dari urutan perintah praktis (dari instruction set itu) yang bila dieksekusi akan mewujudkan keinginan kita itu.

Nah, menulis software itu butuh ilmu, metodologi, dan prosedur yang tepat.  Prokrastinasi juga.  Jadi kalau anda menunda-nunda pekerjaan terlalu lama, mungkin anda perlu memperbaiki metodologi penulisan software di otak anda itu.

Advertisements

  1. mautau

    gimana cara memperbaiki metodologi penulisan software di otak kita?

  2. wah jadi ada alasan untuk menunda mengerjakan tugas yg nggak jelas ya pak, seperti …

  3. Boleh nggak kalau istilah ‘menulis’ software diganti dengan ‘membangun’ software ?? 🙂

    • azrl

      @yani: betul juga, karena kita sebenarnya tidak menulis, tapi mengembangkan ya. Thanks 🙂

  4. procrastination kali ya? saya lihat penjelasannya di sini: http://www.phdcomics.com/comics/archive.php?comicid=321

    hehe ..

  5. nugie

    @om wasz
    The Power of Procrastination yak…. hehehe…..

  6. parmis

    kali ini saya setuju dengan bak yani pak

  7. saya juga punya artikel sejenis yang saya buat untuk memaparkan perilaku prokrastinasi. artikel di atas kan lebih menganalogikan kepada suatu teknologi, saya memandangnya dari sudur kognitif dan tingakah laku.

    but, artikel ini keren banget bisa ampe menganologikan suatu perilku tertentu pada aspek lain.

    two thumbs up.

  8. Ari'x

    ada tidak pelatihan-pelatihan khusus yang dapat diberikan untuk bisa memperbaiki penulisan software di otak kita?? klo bisa mohon kirimkan artikel-artikel atau teori-teori yang memaparkan mengenai prokrastinasi ke e-mail saya pak. Terimakasih.

  9. Deadline and Procrastination don’t pass together.

  10. amir14

    mas, cara mendapat referensi tentang prokrastinasi dimana yaa, saya kesulitan mendapat bukunya. saya sedang garap skripsi kebetulan ambil prokrastinasi

  1. 1 Prokrastinasi (via Armein Z. R. Langi in the City of Eden) « Sinotonk's Blog

    […] Prokrastinasi adalah sebuah istilah yang menggambarkan orang menunda-nunda sebuah pekerjaan.  Banyak mikir tapi no action. Menurut riset, prokrastinasi ini disebabkan kurangnya kepercayaan diri dalam menghadapi masalah. Menurut saya, prokrastinasi itu sebenarnya proses membuat software dalam otak kita. Dr Seam McCrea dari University of Konstranz di Jerman meneliti hal ini dengan sample 135 mahasiswa.  Hasilnya, apabila tugas yang diberikan cukup … Read More […]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: