Notebook Merangkap Router

Gara-gara kabel UTP digigit tikus, saya terpaksa mengubah notebook saya menjadi sebuah router juga. Program Webmin ternyata cukup membantu.

Ceritanya telepon di meja saya mati. Sudah beberapa hari ini sehingga cukup mengganggu. Telepon ini telepon IP.  Jadi ia terhubung ke router PPTIK di ruang depan, melalui sebuah switch di meja saya. Nah, kabel dari router PPTIK ke switch ini putus.  Celakanya kabel ini lewat dalam dinding.  Jadi susah untuk dilacak tanpa merusak dinding. Kemunginan besar digigit tikus.

Setelah putar otak, saya terpikir satu solusi. Notebook di meja saya kebetulan punya baik Wireless LAN maupun port Ethernet. Dan karena jalan linux, saya bisa membuatnya menjadi router. Wireless LAN ini bisa menghubungi Wireless Acces Point yang terhubung pada router PPTIK. Jadi saya jadikan notebook ini router. Wireless LAN untuk koneksi ke Router PPTIK, sedangkan port Ethernet untuk membentuk local network melalui switch di meja saya itu.

Setelah baca-baca info di Internet, saya mendownload sebuah program yang bernama Webmin, dan menginstallnya ke notebook saya. Dengan perintah sederhana, notebook siap melakukan router dengan NAT.  Saya kemudian mendownload program DHCP server, sehingga notebook bisa melayani semua device yang terhubung di switch meja saya itu.

Setelah bereksperimen sebentar, router dan DHCP server bisa hidup.  Dan telepon digital saya nyala lagi.  Saya sudah cek telepon ke rumah.  Sebuah thin client juga bisa memanfaatkan router ini.

Tadinya saya sudah was-was apa telepon digital bisa jalan, karena NAT harus dilakukan dua kali.  Pertama ada NAT di Wireless AP.  Kedua ada NAT di notebook saya. Jadi Telepon digital saya itu harus mendaftar ke softswitch lewat dua NAT.  Orang-orang bilang nggak bisa.  Saya penasaran dan coba. Eh ternyata bisa.  Sakti juga IP phone ini.

Anyway, notebook saya ini jadi sangat berjasa. Bisa buat kerja biasa dan bisa untuk dilalui traffic telepon.  Padahal notebook tua, sudah lebih dari enam tahun. Not a bad investment.


  1. IP Phone-nya bikinan sendiri pak? 🙂

  2. siiip, pak.




Leave a Reply

