Decide how to live

Dunia dipenuhi berbagai peristiwa. Kelahiran dan kematian. Semua ini merupakan bagian dari keindahan kehidupan, dan misteri ilahi.

Dalam suasana sukacita Natal dan Tahun baru ini, ada beberapa berita dukacita.  Ada kenalan baik, ada kerabat dekat, dan ada kolega sesama dosen yang wafat, pergi mendahului kita. Semua peristiwa selama 7 hari belakangan ini mengejutkan kami, dan mau tidak mau membuat saya merenunginya.

Satu hal yang saya perhatikan, kita tidak pernah tahu kapan kita akan dipanggil Tuhan.  Kita tidak bisa memilih caranya.  Kita tidak bisa memilih kapan.  Karena itu adalah hakNya.

Tetapi, ada satu hal yang saya mau bilang.

Ia memberikan hak kepada kita untuk memilih bagaimana cara kita hidup. Kita bisa menentukan bagaimana mengisi hidup kita itu. Kita bisa menentukan apa kontribusi kita bagi hidup ini.  Bagi anak cucu kita.  Bagi generasi berikutnya. Dan kita bisa melakukan detik ini juga.

Jadi janganlah kita takut, kuatir, atau cemas akan kematian.  Semua makhluk hidup pasti akan mengalaminya. Soal waktu dan cara, biarlah itu menjadi urusanNya.

Urusan kita adalah mengisi kehidupan yang Ia berikan ini. Menumbuhkannya. Memaknainya.

Jadi di 1 Januari 2009 ini, saya ingin mengajak kita untuk membuat resolusi, tekad: Yaitu untuk menghidupi kehidupan ini.  Membuatnya betulan hidup, alive.

Serahkan semua kekuatiran, ketakutan dan kecemasan dalam doa kepadaNya. Tanggalkan semua dari hati dan pikiran kita.  Serahkan semua itu kepadaNya yang paling ahli dan kompeten.

Sehingga kita bisa menyongsong kehidupan ini penuh kegairahan dan excitement.  Selamat Tahun Baru!

You don’t get to choose how you’re going to die. Or when. But you can decide how you’re going to live now.
Joan Baez




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: