Sila Ketiga Di Tanjakan Nagrek

Sore ini kami tiba di rumah, setelah tiga hari berlibur ke Pangandaran. Semua berjalan lancar, kecuali saat tiba di Nagrek. “Semua orang bersatu, dari berbagai asal dan tujuan, dari semua golongan. Bersatu terjebak macet di tanjakan Nagrek…”


Perjalanan ke Pangandaran sungguh menyenangkan. Kami berangkat subuh jam lima pagi, dan tiba di sana jam 11 pagi. Kami pergi berombongan bersama saudara-saudara menggunakan tiga mobil. Jadi selama tiga hari kami beristirahat sambil menhjalin kembali kekerabatan.

Saya sangat menikmati perjalanan ini. Menikmati pemandangan yang indah. Lautan yang begitu cantik. Makanan ikan laut yang enak. Juga orang-orang di Pangandaran semakin ramah. Dibanding 3 tahun lalu, pedagang dan penjaja di Pangandaran semakin ramah dan sopan. Saya rasa sebentar lagi Pangandaran akan sebaik Bali.

Lebih senang lagi saat saya bisa menghabiskan waktu dengan keluarga dan kerabat. Ssya bermain ombak dengan Marco. Kemudian menyusuri pantai. Saya merasa sangat kaya. Keluarga dan kerabat itu kekayaan yang tidak ternilai.

Jadi meskipun macet parah di Nagrek tadi, saya tidak kecewa atau marah-marah. It was a small price to pay. Saya matikan mesin di tanjakan, dan berjalan ke luar mobil. Kami macet barangkali dengan kendaraan paralel lima jalur. Dan saya bergurau dengan sesama pengendara yang tidak saling kenal, “Wah ini bisa sampai malam…”.

Tapi tidak apa-apa, kemacetan itu adalah kesempatan untuk bertegur sapa. Karena di tanjakan Nagrek segala manusia bersatu, terjebak macet. Sila Ketiga mendapat makna baru.

Selama belum lahir anak jenius yang bisa memecahkan kemacetan di Nagrek, mari kita memanfaatkannya untuk merasa senasib dengan segala macam orang… Paling tidak selama satu-dua jam seperti kami tadi. Selamat berlibur..

  1. Jadi kepengen ke Pangandaran lagi niy pak …




Leave a Reply

