Ekspresi

Salah satu pelajaran berharga bagi saya adalah mengerti bahwa tidak semua orang yang mencintai kita itu tahu cara mengekspresikannya.

Saya suka heran mengapa bisa sepasang kekasih saling merindukan, tapi kemudian setelah menikah mereka jadi terbiasa satu sama lain. Dan mereka tidak lagi merasa dicintai seperti dulu. Tidak merasa dirindukan seperti dulu.  Tidak merasa diingini seperti dulu.

Seebenarnya yang terjadi adalah bukannya mereka tidak saling mencintai.  Tapi mereka tidak belajar untuk mengekspresikannya.  Dan mereka tidak belajar untuk menangkap sinyal-sinyal cinta yang dikemas dalam bentuk lain.

Salah satu tragedi kita adalah dari sekian lama dan banyak pendidikan dan latihan, tidak ada yang mengajarkan secara serius cara mengasihi.  Cara mengekspresikan cinta. Cara menyayangi.

Kita kemudian tertipu oleh kisah cerpen, novel, atau film drama. Ini semua mendramatisir cinta.  Membuatnya romantis.  Kita kemudian kecewa, kok pasangan kita itu tidak romantis.

Saya pikir kita harus membuat pasangan kita itu merasa special. Kita harus memperlakukannya dengan istimewa. Lebih dari siapapun.  Ia harus merasakan betapa kita mengutamakannya. Menghargainya. Ini kuncinya. Ia itu laksana berlian yang indah berkilau bagi kita.

Kemudian, kita harus tahu bahwa kemarahan atau ngambeknya kekasih kita itu adalah jeritan ingin disayangi. Rintihan ingin diperhatikan.  Itu ia kemas dalam bentuk marah atau sikap menjengkelkan.

Maksud saya, saat pasangan kita itu bersikap menjengkelkan, itu sebenarnya uangkapan betapa kita itu sangat special buatnya, dan hanya kitalah yang bisa membuatnya tenang.  Jadi kalau itu terjadi, jangan kita balas marah atau menjadi sebal.  Sebaliknya, kita harus segera membujuknya, menenangkannya. Karena cuma kita yang bisa.

Jadi kita harus mengerti betapa kita dicintai orang-orang yang kita kasihi. Hanya mereka mungkin belum tahu cara mengekspresikannya.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: