Budaya

Orang hebat sebenarnya tidaklah begitu istimewa. Budayalah yang membuatnya hebat. Demikian kesimpulan Malcolm Gladwell. Dengan kata lain, Bill Gates itu kebetulan saja hebat karena masyarakatnya memberikan kesempatan. Kalau dia lahir di negara lain, bisa beda hasilnya.

Gladwell menekankan betapa besarnya peran budaya, dan lingkungan masyarakat bagi prestasi seseorang. Orang bereaksi berbeda bila dihadapkan pada peluang. Budaya tertentu bisa mendorong atau melemahkan kemajuan seseorang. Budaya yang mendorong kemajuan adalah budaya yang unggul.

Bagaimana mengerti tentang terciptanya budaya yang unggul?

Saat ini ada dua konsep ilmiah besar yang sangat mempengaruhi berbagai penjelasan terhadap fenomena dunia. Pertama adalah konsep termodinamika, yaitu konsep yang menjelaskan hukum kekekalan energi serta hukum naiknya entropi dunia. Apapun di dunia ini patuh pada konsep ini, mau makhluk hidup maupun alam semesta. Belum ada yang bisa membantah kebenaran konsep termodinamika ini.

Kedua adalah konsep evolusi, di mana perilaku individu makhluk hidup ada seputaran survivability dan melanjutkan gen nya ke generasi berikut. Semua perilaku individual makhluk hidup hendak dijelaskan dengan konsep ini. Berbeda dengan konsep termodinamika yang belum terbantahkan, konsep evolusi punya banyak penentang. Pada umumnya penentang ini berangkat dari kepercayaan agama, dan kemudian berusaha mencari dukungan ilmiah. Meskipun tidak mendapat dukungan penuh, konsep evolusi masih bertahta sebagai konsep mainstream.

Kalau konsep termodinamika mengatur semua materi dan konsep evolusi mengatur perilaku individu makhluk hidup, maka sebuah konsep evolusi budaya (memetika) hendak menjelaskan perilaku budaya. Perilaku kolektif.

Konsep ini mengambil banyak analogi dari konsep evolusi. Dalam konsep evolusi spesies, suatu species tumbuh dan berkembang dengan merekombinasi gen-gen yang terbaik dalam sepcies, umumnya lewat perkawinan. Dalam konsep evolusi budaya, dikenal konsep mem, analogi dengan gen. Mem itu adalah fitur budaya yang disimpan dalam memori yang dapat diwariskan. Sama seperti gen, mem juga dapat direkombiansi untuk mengembangkan budaya.

Jadi budaya berkembang menjadi budaya unggul bila ada mekanisme untuk terus memperkawinkan memmem yang unggul.

Saya menafsirkan ini dengan ide bahwa budaya unggul itu harus terbuka. Ia harus bisa menerima mem unggul dari budaya lain. Kalau di budaya Jepang ada mem kerja keras dan menjaga harga diri, kita adopsi. Tapi budaya minum-minum zake kita tolak. Kalau di budaya Amerika ada unsur mem meritokrasi dan pursuit of happiness, kita adopsi. Tapi mem materialisme nya kita tolak.

Memurnikan suatu budaya bukanlah strategi yang baik. Itu berasumsi bahwa mem kita sudah sempurna, sedangkan mem lain inferior. Konsep ala Hitler ini bertentangan dengan konsep evolusi budaya. Dalam jangka panjang, budaya ini akan punah. Sama dengan nasib kebanyakan species yang berkembang biak aseksual.

Budaya yang progresif meniscayakan perubahan. Jadi kecenderungan untuk menertibkan budaya itu harus dilakukan dengan hati-hati. Terutama agar kita tidak terjebak pada proses menghambat integrasi memmem unggul ke dalam budaya kita.

Memang kita bisa terkaget-kaget dengan perubahan budaya di generasi baru. Kita bisa freak out. Tapi resiko itu perlu kita ambil, karena itu indikasi adanya kelancaran proses evolusi budaya.


  1. kapan ya, budaya kita bisa ngebikin ahli2 IT jadi kayak bill gates?? =P

  2. irwan

    ya, untuk itulah diperlukan uu pornografi, agar budaya indonesia bisa berkembang ke arah yang lebih baik (dengan masyarakat yang tinggi akhlak dan moralnya). niscaya, dengan penerapan uu ini, akan lahir bibit2 unggul dalam teknologi informasi.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: