Bakal Muncul

Kalau kita punya ide bagus, jangan tunggu terlalu lama. Langsung dikerjakan. Karena ide itu merambat sangat cepat. Kalau kita tidak merealisasikannya maka orang lain akan membuatnya. Apa yang mungkin terjadi, bakal terjadi. Persoalannya, yang merealisasikannya itu kita atau orang lain?

Berkali-kali saya punya ide, produk atau solusi, atau metoda, yang menurut saya bagus. Tapi bukannya saya kerjakan, saya malah cerita ke orang lain. Saya berusaha meyakinkan orang betapa pentingnya ide ini.

Tapi yang terjadi, kami sibuk berdebat tentang bagus tidaknya ide ini. Saya jadi terpancing untuk berusaha menang debat. Dan kalau menang saya puas. Dan tidak punya energi lagi untuk mengerjakannya. Apalagi kalau saya kalah debat, atau keputusan kelompok tidak mendukung ide ini. Lemes dan jadi malas.

Sayangnya setahun dua tahun kemudian, orang lain muncul dengan realisasi dari ide itu. Atau datang demand yang besar untuk produk itu. Dan saya cuma bisa menyesali tidak mengerahkan resources untuk merealisasikannya.

Rupanya ide itu mudah menjalar. Ada mekanisme yang “ajaib”. Saat kita ingin sesuatu, atau memvisualisasikan sesuatu yang realistis, somehow orang lain pun berpikir yang sama. Sehingga ide bagus apapun yang kita pikirkan, sepanjang itu mungkin dan realistis, itu akan terjadi. Itu bakal muncul.

Jadi kalau kita punya ide bagus, tidak selalu kita harus bekerja keras meyakinkan orang lain. Kalau kita punya resources yang cukup untuk merealisasikannya, by all means. Just do it.


  1. Setuju. Saya sering kali mendapati berbagai ide melintas di kepala saya, namun saya menguluru waktu untuk menemukan “waktu yang tepat” untuk mengeksekusinya.

    yang terjadi? Ketika hendak dieksekusi, malah ketemu hasil karya orang lain yang “hampir serupa”.




Leave a Reply

