Prosumer

Kita terlalu sering diarahkan untuk menjadi konsumen. Bahkan ilmu yang dipelajari sering berupa petunjuk konsumsi.  Seharusnya kita menjadi produsen. Prosumer, konsumer yang juga produser.

Kita senang dilayani. Kita ingin memperoleh apa yang kita inginkan. Hari-hari diisi dengan pikiran, apalagi yang hendak kita beli.  Ini sikap konsumen. Konsumtif.

Kita dimanja oleh produsen.  Kita diajar menggunakan teknologi.  Kita belajar berbagai macam jenis produk. Kita senang mengetahui berbagai perkembangan teknologi. Tapi hanya sebatas user, pengguna.

Sikap konsumtif ini bahkan merambat sampai ke proses belajar. Tidak sedikit mahasiswa yang tidak sabar dalam belajar. Ia ingin belajar contoh soal. Manual.  Cara menyelesaikan soal ujian. Buku teks yang diinginkan adalah seperti user manual, yang memudahkannya dalam menghadapi ujian.

Tadi pagi saya tercenung.  Mengapa obrolan orang itu berisi keinginan untuk memperoleh sesuatu?  Mengapa bukan apa yang hendak kita buat?  Bukan apa yang hendak kita produksi?

Mungkin sejak kecil kita dididik untuk menjadi konsumen.  Buku pelajaran penuh berisi dengan sikap konsumtif.  Ibu ke pasar untuk belanja, bukan jualan.  Ayah rajin ke kantor untuk mendapat gaji, bukan berproduksi atau berkarya. Jadi tertanam di lubuk anak Indonesia, kita harus cari kerja, rajin, kemudian dapat gaji.  Gaji itu kita gunakan untuk membeli kebutuhan kita. Begitulah pola dasar yang diajarkan pada kita.

Saya kira sikap konsumtif itu pada dasarnya baik.  Tapi prinsip yang harus dipegang adalah kita hanya boleh mengkonsumsi maksimal sebanyak yang kita produksi.  Sebelum kita berpikir hendak memperoleh apa, kita perlu berpikir hendak membuat apa.

Kita perlu berubah dari konsumer menjari prosumer.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: