Wanting and Having

Apakah anda berusaha memiliki apa yang anda inginkan? Pada umumnya begitu. Tapi saya kira itu terbalik. Seharusnya kita berusaha menginginkan apa yang sudah kita miliki.

Setiap hari kita berusaha untuk memiliki apa yang kita inginkan. Kita bekerja keras untuknya. Kita merasa bahwa kebahagiaan tercapai bila kita sudah bisa memperoleh apa yang kita inginkan.

Dan ini sebenarnya wajar. Saya ingat dulu saya belum punya rumah. Saya bekerja keras agar bisa memiliki rumah sendiri. Sepuluh tahun setelah menikah barulah saya bisa membeli rumah. Bahagia sekali rasanya saat itu. Tetapi kemudian dengan berjalannya waktu, kita bisa lupa kebahagiaan itu, dan mulai mencari lagi hal yang lain.

Atau mungkin kita masih ingat senangnya bisa kuliah atau lulus jadi sarjana. Tapi dengan berjalannya waktu kemudian hal itu menjadi biasa, dan kita mulai mengeluh lagi betapa hidup ini sucks. Padahal semua hal yang membahagiakan kita dulu itu sudah Ia anugerahkan pada kita.

Bila kita tidak waspada, hal seperti ini bakal terulang lagi. Kita tidak lagi bahagia dengan apa yang kita miliki. Kita kemudian menginginkan lagi hal lain dan kehilangan kebahagiaan sebelum memperolehnya.

Seorang bijak berkata: kebahagiaan datang bukan tentang memiliki apa yang kita inginkan, melainkan tentang menginginkan apa yang kita miliki. Tentang mensyukuri apa yang kita punya. Tentang memelihara rasa ingin kita, rasa sukacita itu, lama setelah kita sudah memilikinya.

Memang, kemampuan untuk berbahagia tanpa harus memiliki, owning, banyak hal itu sungguh mulia dan hebat. Mungkin tidak semua kita bisa sampai ke level itu.

Tapi menurut saya kita semua bisa belajar untuk terus mengingini apa yang sudah kita miliki. Terus mensyukuri dan berbahagia dengan anugrah yang sudah kita terima.


  1. setuju banget 🙂

  2. blog Pak Armein paling mantabh 😀

  3. nice gan

  4. Hmmm saya, baru 8 tahun menikah …
    Mudah-mudahan enggak lebih dari 10 tahun punya rumahnya.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: