Mengajar Kelas Sekolah Farmasi

Selasa minggu depan adalah hari terakhir saya mengajar Pengantar Teknologi Informasi (PTI) bagi mahasiswa TPB dari Sekolah Farmasi. Pak Budi Rahardjo memberi inspirasi untuk memberi tugas kuliah All About Me.  Hasilnya menyenangkan saya.

Selain ujian, dosen memebri nilai (25%) dari tugas kuliah.  Saya memutuskan memberikan dua tugas: (1) All About Me, dan (2) Pharmacy Knowledge Contents.  Tugas pertama adalah membuat presentasi multimedia tentang diri sendiri, cita-cita, dan aspirasinya.  Tugas kedua membuat website yang berisi koleksi pengetahuan mereka tentang ilmu farmasi.

Tadi saya selesai memeriksa tugas All About Me.  Pada umumnya mahasiswa menggunakan Powerpoint.  Ada juga yang membuatnya dengan Flash.  Mereka harus mempresentasikan diri sendiri sebaik mungkin.  Selain tulisan, dan gambar, mereka bisa memasukkan video dan musik.

Hasilnya menyenangkan.  Saya memeriksa semua tugas satu-persatu.  Saya memperhatikan elemen multimedia, kelengkapan informasi, serta unsur daya tarik artistik. Ternyata hampir semua mengerjakan dengan serius.  Jarang saya menemukan tugas asal-asalan.

Dan yang lucu dan mengharukan, banyak mahasiswa menampilkan foto sejak kecil, foto orang tua, adik dan kakak, serta kisah perjuangan mereka untuk survive di ITB. Terbesit di dalamnya rasa cinta dan kerinduan mereka pada orang tua yang jauh, tapi harus dipendam karena tugas belajar tidak henti-hentinya datang. Tapi juga harapan besar akan masa depan yang akan diraih.

Kuliah akan segera berakhir, dan mungkin saya bakal jarang bertemu mahasiswa-mahasiswa SF ini.  Saya hanya ingin bilang it has been a pleasure learning with you. Saya berdoa semua cita-cita tercapai, dan may you have a great journey di Kampus ITB.


  1. waaa. .
    makasih jg ya pak bwt bimbingannya selama ini, kuliah sama bapak bener – bener yahud. .
    jem 3 sampe jam 5 yang notabenenya jam paling indah bwt tidur siang disulap sama bpk jadi jam kuliah yang ditunggu- tunggu. .hhe

  2. “it has been a pleasure learning with you”
    -idem-, hehe,,
    Makasih Pak, atas bimbingannya,, kuliah nya keren, tidak membosankan,, Cara penyampaian kuliah nya gak to the point, tapi dikaitkan dengan aplikasinya dulu, perthanakan Pak, hehe,,

    Oh ya pak, saya bingung, untuk tugas Pharmacy Knowledge Content, mau ngasih bentuk blog atau non-blog,, tapi akhirnya sudah bisa memutuskan,,, setelah perjuangan di sisa-sisa waktu di tengah kesibukan UTS dan sebagainya, bisa juga menyelesaikan satu site.

    Mohon komentarnya Pak, saya masih belum terlalu memahami html, hehe,, tapi saya sudah mengerahkan segenap kemampuan saya untuk menyelesaikan tugas ini. Tapi sayangnya untuk yang “tentang farmasi” informasi nya hanya sedikit. Ya buat selanjutnya akan diusahakan untuk menambahkannya.

    Terima Kasih Pak, doakan kami agar lancar menempuh “our journey”…

    Yudha

  3. li2scute

    bapak, jadi pingin nangis hiks hiks
    pokoknya mah saya senang and enjoy dibimbing Pak Armein selama ni, Bapak gag hanya mengajar PTI tp juga banyak pelajaran hidup yang saya dapat, thanks ya pak for everything
    mudah2an nanti saya bisa diajar Bapak lagi
    Oya Pak saya masih bingung ni tentang Pharmacy Knowledge Content nya, maklum ni pengalaman pertama bikin blog,jadi harap maklum ya Pak. Oya ntar kalo blog nya dah jadi jangan lupa kasih coment ya Pak

  4. Wah pak Armein sepertinya dapet penggemar-penggemar baru nih hehehe🙂

  5. reeham

    so sweet,,T_T…
    i’ll miss you so sir,,,

    ^.^v…

  6. luphmae

    Huaaaarggh…
    Terima kasih Pak telah sabar menghadapi kami yang brutal ini…
    Semoga kami memberikan kesan yang baik untuk bapak…
    HiksHiks…T-T
    Terima kasih…

  7. azrl

    @ all: wah, thanks untuk nice words nya. Jadi tidak tahu harus bilang apa, nih…

    Oh ya, maaf saya salah. Rupanya ujian akhir hanya sampai bab 13. Tolong kabarkan ke teman-teman semua ya.




Leave a Reply

