Hujan Semalaman

Dari tadi malam sampai pagi saya ke kantor, Bandung terus diguyur hujan. Kita layak bersyukur, karena air bersih itu adalah kebutuhan dasar. Dan Bandung mendapatkannya secara melimpah.

Setelah saya ke Sumba Timur dan merasakan sendiri susahnya air bersih, maka saya sering terkagum-kagum di rumah. Saat saya buka keran, air bisa mengalir dengan deras. Tiap hari. Ini luar biasa. Karena orang di Sumba harus berjalan ber kilo meter tiap hari sekedar mengisi jerigen minum.

Air keran di rumah saya datang dari sebuah toren di belakang rumah. Toren itu diisi dengan pompa listrik dari sumur. Dan sumur ini selalu setia menyediakan air, bahkan di musim kemarau.

Cuma pernah memang, saat kemarau panjang, air sumur habis. Kami biasanya panik, karena tidak bisa mandi, cuci baju, dan cuci piring. Masak dan minum bisa menggunakan air aqua galon.

Kalau itu terjadi, kami harus memanggil tukang sumur. Mereka kemudian menggali sumur lebih dalam. Kemudian kami harus menunggu semalaman agar sumur bisa terisi. Begitu air keluar, biasanya keruh. Tidak nyaman dipakai mandi.

Dari pengalaman itu, saya senang sekali kalau hujan. Sumur kami terisi. Jadi tidak akan ada masalah air bersih. Selalu, buka keran, air ngucur.

Juga tanaman di halaman bisa tumbuh subur. Tanaman bisa mengeluarkan bunga warna-warni. Dan saya yakin para petani sangat tertolong. Tanah di pulau Jawa terkenal subur. Sebenarnya bukan saja komposisi tanah yang subur, tapi juga karena hujan yang sering datang.

Kalau mendung di Bandung, kita beryukur. Air berlimpah.


  1. pagi pak..
    [kdinginan]

  2. Mae

    wah pak bener juga yah!




Leave a Reply

