Bersejarah

Ada orang-orang yang terombang-ambing dalam sejarah, ada orang yang membuat sejarah.  Kita ada di mana?

Saat Timor Timur merupakan sebuah propinsi Indonesia, masyarakat bebas berjalan-jalan ke seluruh pulau Timor.  Kemudian terjadi referendum, dan Timor Timur berdiri sebagai negara sendiri.  Mendadak penduduk Timor terbelah dua.  Dan kita harus punya visa untuk masuk ke daerah yang cuma kecil itu.  Ada yang harus mengungsi.  Ada yang mengalami kerusuhan dan pembakaran.  Mereka tidak tahu apa-apa.  Hal yang sama terjadi juga ditempat lain, seperti semenanjung Korea.

Perubahan-perubahan yang menggoncangkan hidup mereka terjadi di depan mata karena perjalanan sejarah.  Hidup mereka seperti terlindas gelombang sejarah.

Sementara ada orang-orang seperti Soekarno, Gusmao, Obama yang melakukan perubahan-perubahan.  Orang-orang ini tidak terombang-ambing oleh perubahan sejarah.  Sebaliknya mereka mengambil papan seluncur dan berseluncur, surfing, dalam gelombang sejarah.

Gelombang tidak menakutkan mereka.  Mereka malah got excited untuk berseluncur.

Saya percaya saat Sukarno lulus ITB, ia tidak sendiri.  Pasti ada rekan-rekannya yang juga tidak kalah pintar.  Tapi rekan-rekannya ini memilih untuk tidak membuat sejarah.  Mereka ingin menikmati status terdidik dan terhormat dalam administrasi kolonial Belanda.  Tentu bukan pilihan yang buruk atau jahat.  Tapi kemudian ketika terjadi revolusi, mereka tidak betah.  Sebagian memilih hengkang, termasuk ke Belanda.  Hidupnya ditelan gelombang sejarah.

Seratus tahun lalu, 1908, sejarah Indonesia merdeka dimulai dengan kebangkitan nasional.  Abad baru memanggil putra-putri Indonesia untuk memenuhi panggilan sejarah. Dan mereka bersedia memenuhi panggilan itu.  Tiga puluh tujuh tahun kemudian, Indonesia merdeka, berdiri sejajar dan terhormat dalam pergaulan bangsa-bangsa.

Hari ini suasana yang sama berulang. Abad baru, abad 21, kembali memanggil anak-anak bangsa untuk membuat sejarah.  Agar bangsa kita kembali menjadi bangsa yang terhormat.


  1. ujang

    saya jadi teharu dengan apa yang dikatakan diatas…..

    pokoknya maju naegriku
    maju bangsaku
    bangsa Indonesia




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: