Nate Silver, Jenius Statistika Polling

Kemenangan Obama sudah lama diprediksi Nate Silver, 30, di situs fivethityeight.com. Ia membuat model statistik dengan spreadsheet, kemudian memfeed semua hasil pooling ke dalam modelnya, sehingga ia bisa memprediksi dengan tingkat keakuratan yang cukup tinggi.

Saya mengaku hampir tiap hari sejak awal Oktober saya mengunjungi situs itu. Dalam sehari jutaan orang mengunjungi situs itu. Pertama saya bertanya-tanya, apa kesimpulan dia benar? Tapi orang ini sudah berpengalaman sejak kecil memprediksi pertandingan baseball. Dan ia menggunakan matematika statistika untuk modelnya. Jadi tidak main-main.

Dan benar! Prediksinya sangat akurat. Saat saya mengikuti perhitungan suara di CNN, state by state, saya membandingkannya dengan tabel Nate Silver. Wah saya tercengang, hampir tidak percaya. Orang ini seperti ahli nujum. Waktu CNN mengumumkan Obama bakal menang, Nate Silver sudah mengumumkannya satu setengah jam sebelumnya.

Rupanya sejak kecil Nate Silver sudah senang dengan bilangan. Seringnya ia bermain dan bergaul dengan bilangan, data, dan statistika membuat dia percaya dengan bilangan-bilangan. Dia percaya apa yang disampaikan data statistik yang diperoleh dari survey.

Saya senang menonton film seri Numb3rs. Seri TV ini menunjukkan bagaimana bilangan dan matekmatika bisa bercerita tentang suatu peristiwa. Dan bisa digunakan FBI untuk memecahkan misteri kriminal, misalnya. Tapi itu film seri. Yang dilakukan Nate Silver sama, tapi dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau kita sarjana matematika, sayang lho kalau kita tidak percaya dengan ilmu kita. Setelah kita lulus, kita pindah bidang, seakan-akan ilmu yang kita pelajari itu tidak bisa memecahkan banyak masalah. Rugi.

Sekarang dalam peristiwa heboh Obama, muncul bintang baru: Nate Silver. Ia percaya pada data statistik dan bilangan, dan berhasil mengajak jutaan orang ikut percaya. Saya juga🙂


  1. Salah satu quote menarik dalam film Beautiful Mind ketika John Nash berpidato pas meraih hadiah nobel adalah dia membuka pidatonya dengan kalimat “I believe in number”




Leave a Reply

