Aturan Etika

Salah satu langkah pertama presiden terpilih Obama adalah menetapkan aturan standar etika yang tinggi bagi tim transisinya.  Tim transisi dilarang menerima dana dari pe-lobby atau dari korporasi.  Kebutuhan dana tim ini akan datang dari sumbangan masyarakat.

Memang biasanya pemerintahan baru berusaha untuk bermain bersih.  Tapi Obama bertindak lebih.  Ia menetapkan standar etika yang sangat tinggi, termasuk tertinggi dalam sejarah AS.  Hal yang sama ia berlakukan pada tim kampanyenya dulu.

Tim transisi bertugas menyiapkan transfer kekuasaan dari tim Bush ke tim Obama agar pemerintahan berlangsung mulus.  Mungkin karena tim ini bukan tim pemerintah, ia tidak punya anggaran.  Nah biasanya ini menjadi sasaran empuk pelobby, mempengaruhi penyiapan pemerintahan untuk kepentingan korporasi atau badan-badan lain, dengan imbalan dana.   Obama mencegah hal ini dengan aturan etika.

Saya pikir ini layak dicontoh.  Kalau dua-tiga orang berkumpul untuk melaksanakan tugas bersama, penting sekali untuk menetapkan standar etika yang tinggi.  Apalagi dalam menjalankan amanat.  Ini agar kita tidak berubah menjadi gerombolan penyamun.

Kemampuan Obama memenangkan pilpres AS memang mencengangkan.  Kalau benar ia ingin menegakkan standar etika dengan level tertinggi dalam sejarah, maka kita bakalan melihat seorang presiden besar in action.


  1. nugie

    Dan biasanya presiden besar di AS kena DOR…. !
    semoga yang ini tidak.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: