Anger Management

Bagaimana menghadapi orang marah pada kita? Kita biasanya tertantang untuk marah balik. Tapi saya pikir-pikir lagi, marah itu sebenarnya jeritan ingin disayang. Marah itu rintihan ingin dikasihi. Marah itu teriakan ingin diperhatikan. Marah itu seruan untuk diperlakukan special. I am sorry I often missed that.

Marah adalah ungkapan rasa frustrasi. Ia muncul ketika sesuatu yang seharusnya terjadi tidak terjadi. Dan sering kali sesuatu itu adalah perlakuan manis orang pada kita. Perlakuan yang, implisit di sana, ada pernyataan bahwa kita itu special baginya.

Marah harus dikelola, karena ia adalah kekuatan emosi yang powerful. Ia bisa meng-override akal sehat kita dan membuat kita bertindak keras. Marah dapat mentrigger kebutuhan akan kekerasan.

Tanggungjawab kita untuk mengenali gejala-gejala kemarahan dalam diri kita, kemudian mengendalikannya. Terkadang orang mencari jalan untuk melampiaskannya di tempat yang lebih aman. Saya pikir itu alternatif kedua.

Sebagai alternatif pertama, lebih baik lagi kalau sumber frustrasi itu yang dihilangkan. Kita komunikasikan frustrasi itu kepadanya. Kita sampaikan dengan jelas bahwa kalau ia bertindak begitu, ia tidak memperlakukan kita special. Dan itu membuat kita marah.  Jadi kita minta status special itu dipulihkan. Kurang lebih begitu, tentu dengan cara dan bahasa yang efektif dan sesuai dengan kepribadian kita.

Nah kalau kita yang menjadi obyek kemarahan orang, apa yang harus kita lakukan? Saya kira ya itu. Kita harus mengerti bahwa kemarahan orang itu bukan kebencian pada kita. Ia frustrasi karena kita tidak memperlakukannya dengan special. Tindakan kita, atau tidak bertindaknya kita, tidak mencerminkan sikap bahwa dia ini special untuk kita. Maka kita harus memberikan isyarat, sinyal, ucapan, tindakan yang memulihkan status dia itu. Status bahwa dia itu special untuk kita.

Jadi kemarahan itu adalah sebuah pintu komunikasi yang dibuka, mengundang kita untuk masuk dengan kasih sayang.


  1. duh malu ketauan.. =P

  2. putri

    hahaha… bener banget pak…




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: