Ubuntu 8.10, Windows Azura, and the Future of OS

Minggu kemarin cukup ramai. Ubuntu 8.10 telah dirilis dengan kemampuan 3G.  Microsoft mengumumkan Azura.  Saya melihat kita akan memasuki era operating system (OS) yang baru yang mengarah pada cloud computing.

Linux Ubuntu terus melakukan rilis-rilis dua kali setahun, setiap April dan Oktober.  Saat ini edisi terbaru Ubuntu 8.10 sudah beredar.  Saya sendiri sudah menggunakannya sebulan terakhir, sejak masih versi beta.  Di pasang di MacMini.

Salah satu kelebihan Ubuntu 8.10 adalah dukungannya pada modem selular 3G (GSM/CDMA).  selain itu, ia menggunakan Gnome 2.24, X.org 7.4 dan kernel Linux 2.6.27.

Sebelum itu, Microsoft mengumumkan keberadaan Azura.  Azura ini sebuah OS untuk cloud computing.  Cloud computing adalah istilah untuk sistem komputer menggunakan rsources Internet secara maksimal.  Orang bisa menshare prosesor dan hardisk.  Denagn clod computing, kita bisa bekerja di mana saja dan kampan saja, tanpa takut kehilangan data.  Yahoo email dan Google apps adalah contoh primitif dari cloud computing.  Kita bisa login ke account kita dari komputer mana saja di seluruh dunia untuk menikmati email, messaging, dan bahkan office tools.  Dalam cloud computing, semua aplikasi komputer bekerja seperti itu.

Tentu ini challenges bagi komunitas opensource.  Bagaimana Linux bisa berkembang menuju cloud computing.  Agar masa depan komputasi kembali direbut oleh komunitas bersama, bukan hanya milik pedagang teknologi.

Memang inovasi di bidang ICT masih jauh dari berakhir.  Selama komputasi masih ribet, mahal, nyusahin, dan tidak maksimal, selalu ada ruang untuk inovasi baru.


  1. the future of OS, bunyinya mirip seperti the wizard of Oz

  2. bertanya2 kalo Netbook itu pake OS apa ?, netbook diperuntukan untuk cloud computing juga kan ?

    cloud computing itu kedengrannnya seperti kembali jaman dulu, dimana kita bekerja di dumb terminal padahal pemrosesan terjadi di komputer Mainframe yg super besar

  3. myconnect

    wew….masih bingung sih,,emangnya komunitas open source belum support hal ini?

  4. maaf,
    saya newbee nih di Linux…

    ada program2 dalam linux yang selevel dengan Corel, Photoshop dan Dreamweaver gak?

    trus kalo ada,
    cara nginstallnya gimana?
    dimasukin ke REPOnya atau bisa diinstall secar independent sepeerti di WIndows..

    thankyu




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: