Ilmu membangun keluarga?

Saya agak bias saat saya mengatakan bahwa ada ilmu untuk membangun keluarga.  Mungkin lebih tepat, ada seni untuk membangun keluarga.  Bahkan perjalanan membangun keluarga juga mengandung adventures, petualangan yang seru.

Saya akui karena saya dosen di ITB, saya sangat menghargai ilmu pengetahuan.  Istilahnya, sya cari makan di situ🙂.  Jadi segala macam harus di ilmu kan.  Kalau tidak ada ilmunya, kurang sip, kurang kuat.

Tentu tidak salah. Ada ilmu berkeluarga.  Mulai dari ilmu kepemimpinan, keuangan, kesehatan, hukum, food processing, transportasi, sipil, listrik, dan masih banyak lagi. Semuda bidang ilmu ini penting untuk kesejahteraan keluarga.

Tapi hidup dalam keluarga kita itu harus menyenangkan.  Berarti ada unsur seni.  Ada unsur keindahan. Ada unsur kreativitas.  Persoalan dalam rumah tangga bisa sangat rumit, sehingga ilmu tidak memadai.  Diperlukan seni.  Seni menghadapi pasangan kita yang sedang rewel.  Seni menghadapi bandelnya anak kecil atau remaja.  Seni memaksimalkan yang ada saat kita kekurangan uang.  Seni untuk bersyukur pada saat kita ditimpa masalah.

Bahkan lebih dari itu.  Berkeluarga pun penuh kisah petualangan yang seru.  Saat atap bocor di tengah malam dan air hujan yang dingin menerobos ke tempat tidur. Saat kita jungkir balik menggotong anak kita dengan ambulans ke unit gawat darurat.  Saat kita kejar-kejaran di jalan takut terlambat antar jemput.  Saat berjam-jam menunggu istri melahirkan.  Saat sudah larut malam anak tidak pulang tanpa tahu ke mana.

Jantungan kan?

Tapi sebagaimana sebuah petualangan seru, betapa gembiranya kita saat anak kita sembuh dan mulai bandel lagi.  Saat anak-anak mengalahkan bel masuk, tiba di kelas dua detik sebelum gerbang dikunci satpam.  Saat mendengar bunyi tangisan bayi pertama kalinya.  Saat pintu rumah dibuka dan anak kita masuk, nongol dengan selamat.

Jadi bukan saja diperlukan ilmu berkeluarga.  Tapi juga seni berkeluarga.  Bahkan petualangan yang seru…


  1. machmoedsantoso

    kapan yah bisa mendalami seni berkeluarga.. heu

  2. ok pak..
    tapi ingat, selain ilmu dunia juga ada ilmu akhirat…
    moga2 kita semua bisa membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah dan bisa mengembangkan negeri ini ke arah yang lebih baik.
    Amin.
    Kalo ada waktu main ke situs saya y…
    Assalamualaikum wr.wb.

  3. Kalau saya, ilmu membangun keluarga, salah satunya adalah dengan petualangan beneran, masuk ke hutan-hutan, gunung-gunung … kalau berbahaya cukup berdua dengan istri, tetapi kalau tidak berbahaya, ajak anak-anak…




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: