Is God Male or Female?

Apa jenis kelamin Tuhan?  Tentu kita segera bilang bahwa Tuhan tidak berjenis kelamin.  Tapi kenyataannya semua orang menggambarkan Tuhan dalam bentuk maskulin.  Sayang sekali.  Mestinya ada unsur feminin juga pada sifat Ilahi.

Kalau kita menggunakan kata Dia untuk Tuhan, dalam bahasa Inggris ditulis dengan “He”, bukan “She”.  Ini tercermin juga dalam banyak interpretasi, yang mendudukkan unsur maskulin sebagai karakter Tuhan.  Dominasi pria dalam urusan-urusan begini memang kuat sekali.

Saya pikir unsur maskulin dan feminin itu sama pentingnya.  Kalau manusia diciptakan terdiri dari laki-laki dan perempuan, maka berarti Tuhan menganggap sifat feminin sama penting dengan sifat maskulin.

Saya kira masuk akal karakter Ilahi yang lengkap itu mengandung unsur feminin juga. Ada sisi femininnya.


  1. Kalo menurut saya.. emang bener Tuhan itu tidak berjenis kelamin. Masalah Dia sering disebut sebagai “He” sih nggak masalah, karna memang kita ga pernah tau persis jenis kelaminnya apa. Dalam bahasa inggris sendiri kalo kita sebut “someone” kan pasti diwakilkan dengan “he”. Yang penting kita tau kalo Dia pny kedua sisi maskulin dan feminin.

  2. madeyusadana

    menurut saya berbicara tentang TUHAN yang lebih penting adalah konsep “conversation with GOD”..konsep ini sering dilontarkan oleh salah seorang pembicara publik terkenal di negeri ini..




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: