Tujuan Republik Indonesia

Banyak orang merumuskan tujuan RI itu mencerdaskan kehidupan bangsa.  Ini disimpulkan dari mukadimah UUD 1945.  Tapi kalau kita menyimak baik-baik isi pembukaan UUD ini kita melihat bahwa Indonesia yang kita cita-citakan itu adalah Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Mencerdaskan kehidupan bangsa itu adalah usaha kita.  Itu adalah hal yang kita lakukan sehari-hari.  Tujuannya adalah agar Indonesia bisa merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Merdeka itu yang paling penting.  Kita bisa mempunyai pikiran sendiri.  Kita bisa bebas mencapai jati diri kita.  Setiap warga negara bisa berkembang sesuai aspirasi dirinya.  Kita saling bantu untuk menjaga kemerdekaan masing-masing.

Bersatu berarti kita tidak tercerai berai, terpilah-pilah, tersekat-sekat.  Kita maju bersama-sama. Kita merdeka bersama-sama. Adanya penggolongan masyarakat tentu merupakan realitas yang alami dan positif.  Itulah makna keberagaman.  Ada yang kaya dan ada yang miskin.  Tapi kemerdekaan mobilitas orang untuk berpindah dari satu kategori ke kategori yang lebih baik haruslah dijaga.  Seperti elektron yang bergerak bebas dalam sebuah molekul. Pergerakan ini justru membuat molekul bisa kokoh.

Berdaulat berarti negara bisa menegakkan hukum yang memerdekakan.  Proses legislasi berlangsung sesuai konstitusi, dan ditegakkan oleh rakyat dan law enforcers.

Adil berarti kita menjaga hak dan kewajiban, punishment dan reward yang memuaskan idealisme dasar negara.  Kita tidak melanggar dasar negara.  Hukum kita tidak melanggar kemerdekaan.

Makmur berarti kebutuhan orang untuk hidup merdeka bisa terpenuhi. Baik untuk kita mauoau untuk generasi berikut.  Ini bukan saja mengatur konsumsi, tetapi hal-hal yang menyangkut konservasi dan perlindungan kualitas alam.

Tujuan inilah yang menjadi arah dari Republik kita.


  1. [maaf tadi keburu kepencet enter]

    jadi ingat waktu SMP kalau upacara, pembukaan UUD 45 harus dihafal …

  2. Trio Hidayat

    tapi ya itu cuma dihafal..
    kog rasanya tidak pernah para pemimpin bangsa ini menekankan tujuan kita bernegara dan memotivasi untuk mencapainya….

  3. He3x. Klo hafal aja enggak, gimana mau melakukan. Ingat loh, pendekar kungfu jaman dulu klo blajar kungfu kan jg membaca dan menghafal dari buku(ato menghafal dari ucapan gurunya), setelah itu baru praktek.

  4. @pak trio hidayat…

    hihi..kalo pemimpinnya lupa, harusnya yg dipimpin juga mengingatkan. jadi saling mengingatkan gitu lohhh.
    sama2 mengkoreksi dan mau dikoreksi.

    sebuah team akan unggul jika tiap2 individu dlm team itu mengusahakan hal terbaik buat dirinya sendiri dan buat teamnya.

    hihi…

    Do something for our nation!!!

  5. yuvi

    makasih buat artikelnya,, hehe
    sangat membantu tugas ku 😀




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: