Indonesian Dream

Kita sering mendengar American Dream.  Praktis bangsa Amerika Serikat (AS) didorong oleh American Dream.  Kita bangsa Indonesia didorong oleh apa?  Apa impian bangsa kita?  Apakah ada Indonesian Dream?

Bangsa AS itu adalah bangsa imigran.  Founding fathers, para pendiri AS datang dari benua Eropa, melarikan diri dari struktur masyarakat yang membelenggu mereka di dasarnya.  Melarikan diri dari mitos dan kultur yang menghimpit kebebasan berpikir.

Jadi para pendiri AS itu mendirikan negara yang didasarkan pada ideologi, impian dan hukum.  Mereka mencoba membangun American Dream.  Negara didesain untuk melindungi upaya setiap orang mencapai impiannya.  Hukum dibuat untuk melindungi upaya setiap warga negara untuk pursuit of happiness.  Sistem ekonomi dibuat agar setiap warga negara, melalui ide kreatif, bisa tumbuh dan tambah kaya setinggi impian nya.

Dalam framework ini, segala macam pikiran bisa masuk dan berlomba untuk mewarnai masyarakat. Segala macam ada di sana, begitu beragam, tapi semua berupaya untuk menghidupi American Dream.  Bil Gates, mahasiswa drop out bisa sukses.  Itu American Dream.  Obama, kulit hitam keturunan Kenya, bisa menjadi calon presiden.  Itu American Dream.

Indonesia ini dibentuk untuk mencapai apa?  Apa itu Indonesian Dream?  Bangsa ini begitu beragam.  Apa yang bisa menyatukan kita, yang berorientasi ke masa depan?

Kita tidak harus sama dengan AS.  Kita bukan bangsa imigran dalam pengertian kontemporer.  Kita bukan orang yang kabur dari negeri leluhurnya untuk melarikan diri dari belenggu.  Kita adalah bangsa yang memiliki nenek moyang di tanah ini.

Saya rasanya belum selesai merenungkan hal ini.  Tapi saya pikir Indonesia dibangun dari perjuangan melepaskan diri dari penjajahan.  Kalau AS merdeka dari kolonialisme Inggris, kita lepas dari kolonialisme Belanda.  Jadi ini men-shape konsep Indonesian Dream.

Saya ingin Indonesian Dream itu bermakna satu: merdeka. Kita menjadi bangsa merdeka.  Selalu hukum kita menjamin kemerdekaan dan perlindungan kebebasan.  Tentu ada keseimbangan, agar kebebasan seseorang tidak merengut kebebasan orang lain.  Dan ini tugas ahli hukum kita untuk datang dengan konstitusi dan  legislasi yang menjamin kemerdekaan.

Jadi kalau American Dream itu pursuit of happiness, Indonesian Dream itu pursuit of freedom.

Di atas kemerdekaan ini, kita membangun security, keadilan, kemakmuran, dan cita-cita masyarakat.


  1. Indonesian Dream = bebas korupsi (indonesian dream apa my dream ya?)

  2. Nugroho Khoironi

    Kayaknya bangsa kita dimotori oleh mimpi kaya mendadak. Para pemimpin sudah pinter menrapkannya. Dengan kekuasaan yang ada dalam genggaman, mereka rengkuh kekayaan negara masuk ke kantong mereka. Rakyat mereka geragapan ketika mendadak mereka bangun masih berada dalam kemiskinan nyata.

  3. indonesia dreams yang terpenting bebas dari korupsi dan koruptor…

  1. 1 Ulyanahary’s Personal Adventure » Blog Archive » Indonesian Dream ?

    […] Indonesian Dream, coba googling menemukan link menarik pak Armein Z.R. Langi yang membahas tentang indonesian dream, adalah Merdeka […]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: