Orang Tipe A

Apakah anda saat ini tergolong orang Tipe A?  Apa itu orang Tipe A?  Orang Tipe A memiliki sifat-sifat dan perilaku yang ada dalam daftar di bawah ini.

  1. Memikirkan atau mengerjakan dua hal sekaligus
  2. Menjadwal semakin banyak aktivitas ke dalam waktu yang semakin sempit
  3. Gagal memperhatikan atau tertarik dengan lingkungan sekitar atau hal-hal yang indah dan cantik
  4. Mendesak dan mempercepat pembicaraan orang lain
  5. Menjadi gelisah dan jengkel ketika terpaksa menunggu di antrian atau saat mengemudi di belakang semua mobil yang dianggap bergerak terlalu lambat
  6. Percaya bahwa bila kita ingin sesuatu diselesaikan dengan baik, kita harus turun tangan sendiri
  7. Bergerak-gerak saat bicara
  8. Sering menggerak-gerakkan lutut atau mengetuk-ngetukkan jari ke meja
  9. Sering berbicara meledak-ledak atau menggunakan kata kasar
  10. Selalu mengagung-agungkan ketepatan waktu
  11. Sukar untuk duduk diam atau tidak mengerjakan apapun
  12. Memainkan semua pemainanan untuk memang, bahkan saat bermain dengan anak-anak
  13. Mengukur keberhasilan diri atau orang lain menurut angka, bilangan, atau skor (jumlah paper, jumlah pelanggan, jumlah track records)
  14. Mendecak lidah, mengangguk-anggukkan kepala, mengepal tinju, menggebrak meja, atau menarik nafas dalam saat bicara
  15. Menjadi tidak sabar saat mengamati orang lain melakukan hal-hal yang anda pikir anda bisa melakukan dengan lebih baik atau lebih cepat
  16. Mata berkedip dengan cepat atau sering menaikkan membelalakkan alis

Nah menurut peneliti Friedman dan kawan-kawannya, manusia Tipe A sangat kompetitif dan berorientasi keberhasilan.  Mereka punya sense urgensi dan sukar untuk rileks.  Mereka menjadi tidak sabar dan marah saat dihadapkan pada delays atau orang yang mereka anggap tidak kompeten.

Sounds good?  Sebenarnya bad news.  Menurut Friedman orang Tipe A rawan sakit jantung koroner.
Kita yang Tipe A disarankan untuk belajar mengendalikan diri dan melepaskan diri dari sifat yang tidak rileks.


  1. aduuuuuuuuuuh saya banget…
    meskipun sudah lama tahu saya tipe A, tapi baru tahu rinciannya seperti itu. Jantung koroner ya? semoga jangan deh. Thanks for sharing pak.

  2. pa, harus TRUE berapa nomor?
    saya kayaknya ga gitu-gitu amet.. tapi ada sih beberapa. jadi tipe apa saya? A++? jangan2 tidak bertipe, tanpa bentuk.. duh.

  3. hahaha.. 50% lha pak.. =P
    ada beberapa poin yang ga mutlak harus saya lakukan soalnya.

  4. 10 dari 16. Cukup mencerminkan diri saya. 😛

  5. parmis

    jelas aku banget yah sayakan loba +++++++ nya kalau saya banyak istirahat di kantor kumaha?

  6. Arwana

    pak azrl termasuk tipe ini nggak?

  7. azrl

    @all: Guys, serius nih. Harus berubah, karena berbahaya bagi kesehatan jangka panjang. Semangat dalam menghadapi semua tantangan perlu selalu tinggi. Tapi kita harus bisa punya perilaku rileks.

    @Arwana: kemarin-kemarin ia, pak. Sekarang sedang belajar untuk tidak. Wish me luck 🙂

  8. Dah saatnya belajar Taichi. Bergerak perlahan-lahan tetapi mantap dalam setiap gerakannya. Menjaga kesabaran jg sih.

  9. Wahh saya nggak tahu tipe apa…ada yang sama (ketepatan waktu), tapi tak seluruhnya sama.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: