Avant Window Navigator

Sebagai pengguna Ubuntu 8.04 saya menikmati user interface yang sederhana dan elegan. Saya juga menggunakan Compiz, sebuah desktop managemen 3D. Sudah dua hari ini saya menikmati juga Avant Window Navigator (AWN), navigasi dock-bar. (http://wiki.awn-project.org/)

Komputer di meja kantor saya adalah sebuah Apple MacMini. Komputer ini kecil tapi cukup powerful. Dan ia menggunakan Tiger OS, dengan dock bar nya. Tapi sehari-hari komputer ini menjadi semacam X-terminal untuk menghubungkan saya ke server Ubuntu di kantor PPTIK.

Komputer notebook saya menggunakan Ubuntu 8.04. Dan komputer ini dapat menjalankan Compiz dengan lancar. Dengan compiz, kita bisa memiliki lebih dari satu desktop, yang divisualisasi sebagai bagian dari 3D cube. Sebenarnya saya sudah lama mencoba desktop 3D ini, sejak masih versi Beryl. Tapi saat itu sofware ini belum begitu stabil dan terkadang crash. Sekarang Compiz sudah jauh lebih stabil dan usable.

Kemarin, saat saya diopname di rumah sakit, saya baca sebuah artikel tabloid tentang AWN. Sekeluar dari Borromeus, saya coba instal AWN. Dan saya senang. Syaratnya cuma satu, kita harus mengaktifkan composite display. Dan bila kita menjalankan Compiz, composite display sudah diaktifkan otomatis. Software opensource ini ternyata bagus untuk digunakan.

Jadi kalau anda menggunakan Linux, AWN layak untuk dicoba.


  1. wah,diopname juga masih baca artikel ttg ubuntu, salut pak! 🙂

  2. Saya instal AWN di distro Slackware masih belepotan 😀

  3. saya (diinstalin) xubuntu 😀 tp nyerah ah.. hihi
    btw selamat sudah sembuh ya pa, jaga kesehatan selalu..




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: