Q

“Mad, bad, and dangerous to know”, demikian deskripsi tentang Q. Q adalah sebuah karakter dalam mitologi Star Trek. Ia makhluk biasa dalam komunitas nya di Q continuum, tapi di dunia biasa ia sangat sakti. Seperti dewa. Ia bisa berjalan melintasi waktu. Ia senang mengganggu dan menjengkelkan manusia. Tapi dibalik itu terbesit rasa kagumnya dengan kemampuan manusia.

Saya penggemar film seri Star Trek. Film ini mempunyai kekuatan cerita dan karakter dalam konteks kemajuan teknologi. Ia berkisah tentang armada kapal induk ruang angkasa Starfleet (seperti Enterprise, Voyager dan lain-lain) yang bertualang ke berbagai kuadran semesta. Dengan imajinasi yang tinggi, film seri ini mengantar pemirsa ke berbagai belahan dunia, bertualang dengan Enterprise dan berjumpa dengan berbagai makhluk hidup.

Diantar sekian banyak karakter, Q termasuk favorit pemirsa. Ia sebenarnya jarang muncul. Tetapi setiap saat ia muncul dalam suatu episode, episode ini menjadi sangat menarik. Kita diajak melihat apa yang terjadi kalau hal yang tidak mungkin bisa dimungkinkan.

Salah satu tindakan Q yang paling usil adalah memindahkan Starfleet Enterprise ke Delta quadran, tempat paling berbahayadi semesta. Di sana Enterprise harus bertarung dengan the Borg, makhluk cyborg, setengah mesin yang paling berbahaya. Pemirsa Star Trek sudah berkenalan dengan banyak musuh Starfleet yang sangat sakti. Tapi the Borgs itu paling menggiriskan.

Q akhirnya punya anak, diberi nama ‘q‘. Dan anak sakti ini nakal tidak kira-kira, membawa masalah di mana-mana. Akhirnya q ditangkap dan diadili oleh anggota komunitas Q di continuum. Ia diancam kalau tidak mengubah kelakuannya, ia akan diubah menjadi amuba. (Iseng banget hukumannya).

Anyway, bagaimanapun upaya awak Starfleet untuk get rid of Q, tidak bisa. Karena Q ada di continuum, ada di sepanjang waktu. Q tidak bisa di remove atau di delete. Karena di hati kecil mereka, awak Starfleet terpesona pada Q. Dan Q cares them deeply.


  1. Hi hi hi, tokoh yang ini 🙂

  2. err.. pak… maap yah.. saya juga nonton Star Trek, tapi kok gak inget Q itu yang mana yah?
    *mencoba mengingat*




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: