Business for Dummies

Sorry, bukan saya menganggap kita dummies.  Tapi judul ini hendak meniru seri buku yang mencoba menjelaskan konsep dengan cara sederhana.  Saya membayangkan ada lima langkah prinsip untuk mensukseskan bisnis apapun.  Bisnis yang gagal biasanya kekurangan satu dari lima hal ini.

Kelima langkah prinsip yang dilakukan berulang-ulang itu adalah sebagai berikut.

  1. Exciting Products (The Good News).  Kita menemukan sebuah “produk” yang exciting dan diperlukan oleh banyak orang.
  2. Persekutuan (Fellowship).  Kita menemukan sekelompok yang excited dengan “produk” ini, sama-sama menggunakannya, dan berkeinginan untuk terus memproduksinya untuk banyak orang.
  3. Kesaksian (Testimony).  Fellowship ini kemudian menyebar luaskan excitement produk ini pada banyak orang yang belum pernah mendengarnya.  Ini sering disebut proses marketing.  Cuma tidak terbatas iklan.  Ini termasuk kesaksian akan keberhasilan “produk” ini memenuhi kebutuhan orang.
  4. Pelayanan (Services).  Orang yang tertarik akan testimony ini kemudian datang ke point of sale, seperti toko, untuk mencoba menikmati “produk” ini.  Kita kemudian melayaninya sebaik mungkin, memastikan kegunaan produk ini bisa maksimal.  Ia kemudian menjadi anggota fellowship ini.
  5. Pembinaan (Development).  Kita kemudian meningkatkan kualitas dan kuantitas keempat hal di atas.

Saya mengambil contoh Bolu Kukus Amanda, yang sekarang terkenal di Bandung itu.  Pada Langkah Pertama si penemu ini berhasil mendapatkan resep membuat bolu kukus yang enak.  Dia sendiri suka dan juga banyak orang.  Di Langkah Kedua, ia mendirikan usaha dengan merekrut pegawai. Di Langkah Ketiga, dari mulut ke mulut orang menyebarkan berita enaknya bolu kukus ini.  Bahkan tidak lupa mereka memberikan samples nya untuk dinikmati.  Di Langkah Keempat, orang kemudian khusus datang ke toko-toko untuk membeli dan menikmatinya.  Di Langkah Kelima, bermacam rasa bolu kukus dikembangkan.

Jadi cukup lima hal ini saja, folks.  Bukan strategi, atau teknik.  Ini lebih merupakan attitudeThe Way. Kalau kita tiap hari melatih diri untuk bisa mengusai (mastery) dan melakukan kelima hal ini, kita nggak bakal jatuh miskin.


  1. nice 🙂
    as a dummy, tentu ini penting untuk saya




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: