Murphy’s Law?

Murphy’s Law adalah sebuah hukum terkenal di dunia: Anything that can go wrong will go wrong. Mungkin hukum ini yang sedang terjadi dengan perjalanan saya ke Jogja ini. Tapi saya sedang mentest sebuah anti Murphy’s Law. Things that go wrong should not stop you from achieving bigger goals.

Minggu lalu saya dikontak rekan dosen saya, memberitahukan hari ini 4 Agustus 2008 ada acara Forum Rektor Indonesia (FRI), di auditorium kampus Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang, Jogjakarta. Saya dikontak agar Chairman IGADD (investor group against digital divide) bisa hadir di sana, dan saya bisa menjadi moderator. Sebagai salau satu penggagas IGADD, saya perlu hadir. Senin kemarin saya dapat kabar Chairman IGADD sedang di Eropa, dan tidak bisa hadir. Akhirnya kami putuskan saya mensubstitusi beliau sebagai pembicara session IGADD jam 14:00 di FRI. OK, solved.

Sayapun mempersiapkan hal ini. Saya mengontak rekan saya itu tentang perjalanan ke sana, dan mendapat kabar travel rombongan ITB akan diaturkan. Jadi saya tenang, tinggal menyiapkan bahan untuk presentasi. Rabu kemarin libur, jadi saya ke kantor Kamis. Mendadak saya dikabari bahwa saya harus menghubungi panitia untuk mengatur travel. Wah. Saya kontak panitia di UII, ternyata tidak, panitia tidak mengatur travel ini. Kasihan memang mereka kerepotan karena banyak peserta. Ya sudah, karena saya sudah janji, saya minta kantor PPTIK untuk mengatur perjalanan ke Jogja. Sudah mepet. Jumat akhirnya bisa dapat tiket Lion Air jam 12:10 ke Jogja, dan pulang dengan Garuda 19:35. Karena sudah mepet, terpaksa kami harus bayar tiket lumayan mahal. Memang diganti panitia, tapi sayang kan. Jumat sore staf kantor PPTIK memberikan amplop berisi Tiket dan booking travel X-trans, Senin jam 6:30 pagi. OK, solved then.

Tiba ke rumah Jumat malam, saya sudah lelah, jadi amplop tiket saya letakkan di meja kecil, dekat TV, tempat dompet dan kunci-kunci saya. Rumah kami sedang berantakan habis, karena kami sedang merenovasinya. Jumat malam kami sedang pusing karena banyak urusan soal rumah, dan harus pindah ke kamar lain. Sabtu seharian kami semua pindah-pindahan ke kamar yang lebih sempit. Sebagian barang kami harus buang. Lelah sekali.

Minggu, setelah ke Gereja, saya pulang dan tidur sampai jam empat. Baru kemudian mulai menyiapkan presentasi. Sorenya bawa anak-anak jajan di tenda-tenda jalan Rajiman. Pulangnya, saya telepon Blue Bird taxi pesan taksi, baru saya baca sms, ternyata panitia menunggu bahan makalah untuk diperbanyak. Lha, jadi saya coba kirim jam 10 malam lewat yahoo.com. Tidak bisa attach file. Akhirnya baru jam 10:30 malam terkirim lewat mail server ITB. OK solved then.

Pas mau tidur, baru saya sadar, amplop Tiket tidak ada. Wah, saya bangunkan Ina, dan kami mulai sibuk mencarinya. Mana bisa mencari satu amplop di tengah rumah yang berantakan? Kasihan Ina sambil mengantuk, membokar lemari, laci, dan semua tumpukan. Nihil. Jam sebelasan, saya mau menyerah, tiket hilang. Sebagai langkah terakhir, saya pergi ke dekat tempat sampah. Tempat kami membuang semua barang kemarin itu. Sudah basah karena Sabtu malam sempat hujan deras sekali. Setelah nyaris putus asa, tiba-tiba tangan saya memegang sebuah amplop basah: amplop tiket! Waduh. Yah sudah, senang bercampur mangkel, kok bisa tiket ada di tempat sampah. OK, solved then. Cuma kasihan Ina, karena sudah capek, sementara saya mulai tidak nice. Maaf ya sayang.

Masih ngantuk, mendadak jam 4:00 bangun, ada dering telepon. Kayaknya salah sambung :-(. Ya sudah, saya baca sms, wah ternyata kiriman file saya tidak masuk. Minta dikirim lagi. Yah sudah kembali ke laptop. Untung kali ini lancar. Solved.

Jam 5:30 Blue bird telepon. Tidak ada taksi. Waahh, sudah pesan semalaman. Untung Ina gesit, menelpon taksi satu lagi. Jam 5:45 datang substitusinya. Solved.

Marco, Andria, dan saya berangkat naik taksi, pertama drop Andria ke Pasirkaliki. Terus ke Rajiman, drop Marco. Lega deh, agak kepagian, tapi mereka bisa diantar ke sekolah. Taksi kemudian mengantarkan saya ke Cihampelas. Lho banyak orang berkerumun. Waduh, ternyata sejak jam 4 pagi, sopir Xtrans mogok tidak mau kerja. Untung mereka cukup gesit menelpon Cipaganti, dan saya dapat satu seat jam 7. Saya dibonceng sepeda motor ke sana, dan jam 7 saya sudah di preggio. Ngetem sebentar jam 723 sudah masuk tol Pasteur. Saat istirahat sebentar di tol Cikampek, saya beritahu saya mengejar pesawat. OK, sopir tancap gas, seperti yang saya duga , thanks Hotasi :-), dan jam 10:15 sudah di Bandara. Jam 10:25 sudah check-in. Dan sekarang sudah makan dan ngeblog.

Many things can go wrong. Saya masih bisa terlambat. Namanya juga Lion, singa malas, suka telat. Tapi meskipun lelah dan ngantuk I will enjoy my trip. Semoga bisa lancar malam ini tiba di Bandung. Untuk nebus kesalahan sama Ina dan make her smile again.

Semoga hari ini anda lancar dan sukses. Kalau banyak masalah, jangan sedih. Enjoy aja seperti saya. Karena kita dituntun Hukum yang lebih powerful dari Murphy’s Law.


  1. romy

    Mon, Aug 4, 10:56..

    Untuk nebus Ina dan make her smile again.
    “nebus Ina” atau menebus kesalahan kepada dia (mama Ina – red), pak ?? hehehe…
    Pastilah si mama bakal senyum, wong kekasih hatinya sudah curhat di blog hehehe..

    Met malam..
    Thanks for sharing..

  2. Teori ini yg saya cari2 Pak. Ini sering jg kejadian ama saya. Kalau suatu hal dalam suatu waktu ada yg tidak beres… Biasanya merembet ke hal yg lainnya. Gmn cara melawannya ya? Namanya hukum kan benar sebelum ada yg bisa menyangkalnya.

  3. jadi inget cerita mahasiswa kita yang menghanguskan function generator karena adanya hukum Murphy 🙂

    http://www.dailywhatever.net/?p=204

  4. F

    Wah, menarik sekali. relevan dengan apa yang sedang saya alami. 🙂




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: