Dollar Zimbabwe

Ini teka-teki. Uang kertas dengan jumlah nol paling banyak di dunia itu uang negara mana? Hints: lihat judul. Pemerintah Zimbabwe baru saja menerbitkan uang kertas Dollar Zimbabwe pecahan $100 milyar dolar. Bener tuh, nggak salah cetak.

Sudah lama Robert Mugabe memimpin Zimbabwe sebagai presiden. Mungkin bukan memimpin, lebih tepat menjadi penguasa. Ia sebearnya mantan pejuang kemerdekaan Zimbabwe yang melawan penjajahan orang kulit putih. Tapi entah mengapa, ia balik menjajah negerinya sendiri.

Salah satu kesalahan terbesarnya adalah merusak ekonomi Zimbabwe. Inflasi mencapai dua juta persen. Ekonomi ambruk. Makanan langka.

Saya teringat akan Idi Amin, mantan presiden Uganda. Sama dengan banyak orang di dunia ini, ia percaya untuk jadi kaya orang harus punya uang. Tapi Idi Amin itu ekstrim. Dia beli mensin pencetak uang, kemudian ia mencetak uang sesukanya. Dan itulah, pada akhirnya semua kroni Idi Amin punya banyaaaak uang. Tapi tidak bernilai.

Sama dengan orang Zimbabwe sekarang. Punya uang bermilyar-milyar dollar Zimbabwe. Tapi tidak bernilai banyak.  Bulan Juli ini terjadi lonjakan harga di Zimbabwe.  Harga sebungkus roti $80 milyar, dan sebotol Coca Cola 1 liter $ 160 milyar.

Ini pernah hampir terjadi di Indonesia. Di tahun 1997, harga sebungkus roti tawar paling-paling Rp 1500. Di tahun 1998, ia melonjak melebihi Rp 5000. Sekarang sudah Rp 8000. Ahli ekonomi harus putar otak menjaga ekonomi Indonesia. Makanya, kalau tidak ada orang jenius di Indonesia yang mau jadi ekonom, kita ada dalam masalah besar.

Anyway, kalau kita berpikir untuk menjadi kaya orang harus punya uang sebanyak mungkin, kita itu sebenarnya pengikut Idi Amin atau Robert Mugabe. Orang yang mendapatkan uang tanpa bekerja atau dengan mencuri itu sebenarnya penganut faham Idi Amin.

Uang itu alat tukar, sehingga untuk memperolehnya seharusnya kita menukarkannya dengan barang dan jasa bikinan kita. Bukan dengan mencetaknya atau mengambilnya. Sama dengan kupon di bazaar. Kalau kita mencetak kupon sebanyak mungkin, dan tidak ada yang membuat barangnya, mka kita end-up dengan berkoper-koper kupon yang tidak berguna. Seperti di Zimbabwe sekarang.


  1. Duit zaman sekarang ini bisa dibilang nilainya cuma mitos saja, karena tidak dibackup oleh emas. Ceritanya dalam bisa dibaca di http://www.michaeljournal.org/myth.htm

  2. Mangkanya sebaiknya kita kembali ke mata uang yang murni.. Dinar dan Dirham aka Emas dan perak…. gt dech…

  1. 1 Jadi Milliarder itu ‘MUDAH’… « GUE ‘aPa aDAnyA…’

    […] tapi walaupun kamu punya bermilyar-milyar dollar zimbabwe, tetap aja kamu ga bisa disebut bener-bener kaya, bayangin aja (katanya) harga sebungkus roti $80 milyar, dan sebotol Coca Cola 1 liter $ 160 milyar. […]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: