Kasus Hans Reiser

Hans Reiser, seorang pakar Linux, akhirnya mengakui telah membunuh istrinya Nina, yang hilang September 2006 lalu.

Hans Reiser terkenal dengan ciptaannya journaled filesystem ReiserFS yang digunakan Linux sejak kernel 2.4.1. Ia terkenal jenius, dan drop out dari SMP. Tapi karena jenius, pada usia 15 tahun ia diterima di UC Berkeley.

Ia menikah dengan Nina, asal Rusia, dan memiliki dua anak. Cuma rupanya pernikahan mereka berantakan, dan mereka bercerai. Sayangnya pertengkaran tidak mereda, dan di bulan September 2006, Reiser diam-diam membunuh isterinya.

Ia tidak pernah mau mengaku. Sampai akhirnya dengan bukti yang ada, ia dinyatakan bersalah first-degree murder. Hukumannya berat, bisa sampai penjara seumur hidup. Dua hari besok dia akan mendengar besarnya hukumannya.

Untuk menghindari hukuman seberat itu, ia membuat kesepakatan dengan jaksa. Bila ia mengaku, maka hukuman turun menjadi second-degree murder. Hari ini ia menuntun polisi ke lubang tempat ia menguburkan istrinya. Setelah hampir dua tahun hilang, akhirnya Nina Reiser ditemukan tidak bernyawa.

Yahh, ini shocking sekali. Dan dia tidak pernah mau mengaku, dengan berbagai dalih. Akhirnya ternyata terbukti Reiser, programer visioner bintang komunitas opensource, adalah pembunuh isterinya.


  1. Iya, jd sedih. Moga2 meskipun di penjara, tetap bisa sumbangsih mengembangkan ReiserFS.

  2. Kabarnya pengembangan ReiserFS diserahkan ke komunitas, namun tetap dipimpin oleh Hans.

  3. Menyeramkan sekali. *langsung ngumpet*

  4. seram sekali ya, apalagi dilakukan oleh orang yang daya intelektual-nya sangat tinggi. Ini lebih seram dari preman pasar; benar-2 tidak punya nurani.

    Mungkin itu perlunya keseimbangan otak-kiri dan otak-kanan. Pelajaran yang baik untuk para nerds/programmer, jangan hanya merangkai kode saja, tapi juga sesekali merangkai bunga, supaya balance (nyambung ‘nggak …?)




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: