Budak vs Orang Merdeka

Kita tidak ingin diperbudak.  Oleh sebab itu kita memproklamasikan kemerdekaan.  Kita merayakan hari kemerdekaan sebagai perayaan terpenting di negara kita.  Apakah benar kita sudah merdeka?  Jangan-jangan kita masih tetap seorang budak.

Memang tidak enak menjadi budak.  Kita harus melakukan perintah orang lain.  Kita tidak bebas.

Oleh sebab itu manusia berjuang mengalahkan lawannya agar tidak diperbudak.  Bahkan Amerika serikat mengalami perang sipil akbibat pemberantasan perbudakan orang kulit hitam oleh orang kulit putih.

Tapi kita keliru apabila kita mengukur kemerdekaan kita hanya pada kebebasan dari orang lain.  Kita boleh merasa bebas, tapi tidak jarang kita justru dibelenggu oleh kebiasaan buruk diri sendiri.

Saat kita diikat oleh kebiasaan dan ketergantungan, kita bukan orang merdeka.  Saat hawa nafsu mengendalikan akal sehat, kita diperbudak.  Saat amarah dan kebencian menguasai batin kita, kita diperbudak.  Saat kita dihantui ketakutan dan trauma masa lalu, kita diperbudak.  Saat kita begitu semangat mengejar uang, kita diperbudak.  Saat kita melahap makanan yang berbahaya bagi kesehatan, kita diperbudak. Saat kita menghabiskan waktu berjam-jam di depan TV, kita diperbudak.

Orang merdeka adalah orang yang bebas dari kebiasaan dan keinginan buruk.  Mari kita memproklamasikan kemerdekaan diri kita hari ini juga 🙂


  1. Ini konteksnya pribadi ya pak ?
    Kalau konteksnya negara, mbah Lenin pernah bilang : “Ketika ada negara, di situ ada kebebasan. Tapi ketika di sana ada kebebasan, di situ tidak ada negara” .
    Kumaha ieu nyak ?

    *eh pertama ?*

  2. sangat setuju saya…

    walaupun setuju masih ada satu hal yang masih saya bingung dari dahulu. yaitu saat kita begitu semangat mengejar uang.

    pada awalnya saya berpikir hidup sederhana adalah jawabannya. tapi bila kita terus bekerja dengan tujuan agar dapat hidup layak bukankah berarti kita sedang diperbudak oleh yang namanya kerjaan.

    hihihihihihi




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: