Sang Surya dan Angin Selatan

Ada orang yang terbuka dan ada yang tertutup.  Hubungan kita sering kurang baik pada orang yang tertutup.  Hubungan kita tidak maksimal.  Bagaimana mengatasinya?  Jangan dipaksa.  Gunakan kehangatan.  Ibu saya menceritakan kisah Angin Selatan dan Sang Surya saat saya masih kecil yang menjelaskan hal ini.

Suatu hari Angin Selatan dan Sang Surya berdebat.  Mana lebih berpengaruh: kehangatan atau kekuatan.  Angin Selatan yakin kekuatan paksaan lah yang utama.  Sang Surya yakin akan kehangatan.  Mereka bertaruh.

Ada seorang pejalan kaki, berjalan di pinggir hutan.  Ia menggunakan jas panjang pelindung dan penghangat tubuh.  Angin Selatan dan Sang Surya sepakat untuk mencoba membuat pria ini membuka jas nya.

Maka mulailah Angin Selatan menghembuskan tiupannya.  Mencoba mencopot jas.  Tapi pria ini menahan jas ini keras-keras.  Angin Selatan menambah kekuatan hembusan.  Tapi semakin kuat tiupannya, semakin keras pria ini berjuang menutupi tubuhnya.  Wush..wus! Tiupan Angin Selatan laksana topan.  Pria ini terseret-seret.  Mukanya dipenuhi dedaunan yang beterbangan.  Tapi sekuat apapun tiupan Angin Selatan, jas pelindung tidak bisa lepas dari tubuh pria ini.

Angin Selatan menyerah.

Dengan tersenyum, Sang Surya memancarkan sinarnya.  Perlahan alam mulai menghangat.  Pria ini mulai tenang dan membuka kancing jas.  Sang Surya menambah kehangatan.  Pria ini mulai senang.  Berjalan dengan rileks.  Dan saat udara mulai panas, pria ini membuka jas nya.  Ia pun berjalan dengan menggantung jas pelindung itu di pundaknya.

Sang Surya menang.

Demikian pula dalam hidup ini.  Orang banyak membuat pelindung-pelindung.  Untuk melindungi dirinya dari kesakitan.  Pelindung ini kuat, tapi menutupi jati dirinya yang sebenarnya.

Pelindung ini tidak bisa dibuka dengan paksa, dengan kekuatan, apalagi dengan kekerasan.  Semakin keras kita memaksa, semakin kuat orang melindungi dirinya.

Tapi pelindung ini akan terbuka oleh kehangatan.  Kehangatan yang kita berikan pada sesorang membuatnya merasa diterima.  Iapun akan membuka diri untuk anda, memperlihatkan jati dirinya.


  1. that’s sweet, Pak.. ^^




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: