Impian (12) Final

Setelah merekrut pekerja dan memastikan pekerja mengerti prinsip-prinsip pertumbuhan, maka kita perlu merancang organisasi untuk tumbuh secara organik (organic growth).

Organisasi kita perlu dirancang agar memberikan peluang pertumbuhan bagi seluruh pekerja.   Tugas bagi pekerja termasuk bertumbuh untuk mencapai impiannya.  Dan ini bukan tempelan melainkan bagian dari bisnis.

Universitas adalah contoh baik organisasi yang menumbuhkan civitasnya.  Dosen dan mahasiswa adalah civitas academica.  Bukan saja dosen dan mahasiswa didorong untuk lebih maju.  Kemajuan universitas justru diukur dari karya dosen dan alumninya.

Organisasi kita harus sehat dan tumbuh secara alamiah.  Sehat di sini berarti proses-proses value generation berlangsung dengan lancar.  Bertumbuh alamiah berarti dengan berjalannya waktu maka terjadi pertumbuhan kuantitas maupun kualitas organisasi.

Untuk itu kita perlu mendesain self-governance menuju ideal organization.  Pekerja membentuk komunitas yang saling mengatur.  Organisasi tidak bergantung dari CEO sepenuhnya, tetapi didorong oleh nilai luhur dan norma, dan inovasi .  Ada pembagian fungsi-fungsi, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.

Kita membutuhkan ide baru, bukan saja untuk produk, tetapi juga untuk organisasi.  Sebagaimana kombinasi dan rekombinasi ide produk, demikian juga kita tidak boleh segan-segan melakukan rekombinasi ide organisasi.

Organisasi Google didasarkan pada pemikiran yang dalam dan konsep yang baru.  Konsep semacam creative chaotic diterapkan.  Pendiri Google menetapkan prinsip do no evil.  Berbagai pet proyek (proyek favorit pekerja) diizinkan untuk dilakukan, dan hasilnya diluncurkan Google.  Ada yang sukses, ada yang gagal.  Tetapi yang pasti mesin inovasi Google termasuk yang terbaik saat ini.

Tidak berarti organisasi Google dijalankan dengan prinsip yang sama sekali lain.  Yang terjadi adalah rekombinasi berbagai ide manajemen.

Saya kira juga demikian.  Organisasi berevolusi.  Untuk itu ia memerlukan banyak sumber pemikiran.  Dan rekombinasi deari berbagai ide itu menghasilkan organisasi yang lebih baik dari sebelumnya.


  1. Pak Armein,

    Kelihatannya konsep-konsep Bapak juga diterapkan oleh bos pengemis ini (Refer ke: “Bos Pengemis Tinggal Nikmati Hidup” http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=5373)

    Sungguh mengherankan bila pekerjaan yang tidak mempunyai nilai tambah di masyarakat ternyata mampu menggunakan konsep yang sama untuk meraih impian mereka…




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: