Impian (6)

Begitu kita sudah mendapatkan ide produk yang bisa menginovasi nilai, kita perlu melakukan langkah langkah untuk mewujudkannya. Act now! Tapi bagaimana dong, kan kita sudah bekerja nih. Nggak mungkin keluar, kan? Saran saya, grow your job.

Tidak jarang, impian kita itu dan dream job itu tidak sesuai dengan kondisi kita sekarang. Tidak sesuai dengan tugas kerja kita sekarang. Saya dosen kok mau menjadi pengusaha, misalnya.

Anggaplah pekerjaan kita itu seperti makhluk hidup, yang bisa kita tumbuhkan ke arah ideal-job. Kita harus mulai menumbuhkan pekerjaan kita sekarang itu menuju job yang kita impikan.

Caranya adalah dengan mengerjakan pekerjaan kita sekarang sebaik mungkin, melebihi requirements. Seperti tanaman dalam pot bunga. Dia bertumbuh melebihi potnya, sehingga meluber ke luar.

Di tahun 2000 saya menjadi dosen tamu di Stanford University, tepatnya di Department of Electrical Engineering. Departemen ini menempati sebuah gedung baru. Dan di hall masuknya ada tempat memarkan produk-produk buatan dosen-dosen dan mahasiswa departemen ini. Saya melihat produk komputer Silicon Graphics buatan Dr Jim Clark.

Jim Clark adalah dosen yang medesain prosesor khusus untuk workstation grafis terkenal itu. Iapun mendirikan perusahaan Silicon Graphics. Kemudian dia mendirikan perusahaan Netscape, browser terkenal yang sekarang menjadi Firefox. Ia menumbuhkan pekerjaan dosen menjadi entrepreneur yang cukup sukses.

John Hennessy, Rektor Stanford sekarang pun adalah dosen Teknik Elektro yang berhasil membuat buku teks dan perusahaan MIPS Technology yang terkenal dengan prosesor RISC. Ia memperlihatkan bahwa dosen tidak harus stuck dengan pre-konsepsi pekerjaan. Ia menumbuhkannya melebihi kebutuhan minimum.

Jadi ide utamanya adalah, kita mengerjakan pekerjaan kita hari ini sebaik mungkin. Ambil tanggungjawab melebihi kebutuhan. Sehingga job kita berkembang. Nah kembangkanlah itu menuju the ideal-job, untuk merealisasi ide produk kita itu.

Act now!


  1. hmm sepertinya postingan kali ini sedikit memberi pencerahan mengenai kondisi yg saya alami.. smoga lebih banyak lagi postingan kek gini hehe 😀

  2. Ini sangat mencerahkan pak 🙂
    Maklum pekerja baru, jadi gampang naik turun semangatnya 🙂

  3. coxon3011

    syaa buru-buru bacanya. Saya malah tertarik sama hal ini. Bapak jadi dosen tamu di Stanford University. Wow.. Keren…

  4. wow..keren bangets pengalamannya!




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: