Silence

Hidup kita terlalu ramai.  terlalu banyak peran yang harus dilakukan.  Kita perlu secara rutin bersaat teduh, diam, silence, hening.

Pikiran kita selalu sibuk dengan ide ini itu.  Pikiran kita selalu ramai.  Sehingga kita tidak lagi mendengar suara orang, suara alam, bahkan suara Tuhan.

Keheningan membuat kita berhenti sejenak.  Just being nobody.  Mengosongkan diri.  Menghampakan diri.  Being meBeing youBeing true us.

Terlalu sering kita menjadi seperti aktor atau aktris, di layar lebar atau di panggung sandiwara.  Orang-orang memproyeksikan peran-peran ideal mereka pada kita.  Kita kemudian memainkannya, memerankannya,dan bahkan kita menyerapnya menjadi kepribadian kita.

Memang kemudian, sama seperti aktor dan aktris, kita mendapat pujian.  Tepuk tangan dari penonton.  Dari sutradara.  Dari wartawan.  Anda mainnya bagus. Hebat!

Tapi itu cuma peran.  Cuma film.  Cuma sandiwara.

Semua peran-peran itu menuntut kita melakukan sesuatu sesuai arahan orang lain.  Sesuai keinginan orang lain.  Kita harus menjiwai, katanya.  Jadi kepribadian pun sesuai keinginan sutradara dan kritikus.

Dan kita lelah.

Dukuklah dan diamlah.  Hening.  Kosongkan diri dari semua peran itu.  Mari kita menjadi diri kita sendiri.  The real you.


  1. lagi lelah pa? bukannya you is only you?

  2. azrl

    @Ayi, Baca di PR hari ini katanya Mbak Ayi duet dengan Dada Rosada ya jadi Calon walikota Bandung dari Partai Golkar: Dada-Ayi

  3. waduh! ampun.. mana berani lawan pa AAA dan Taufikurahman 😛
    Nama Ayi pasaran yah.. sayang saya ga mimpiin diri jadi pejabat.. tapi w ho knows deng, catet saja pa?

  1. 1 Dada Rosada gandeng Ayi « Ayi Purbasari

    […] May 24, 2008 Tiap hari, ga bisa ga iseng blogwalking, termasuk ke blog beliau. Tapi lucu sekali, hari ini saya melihat beliau berkomentar balik seperti ini.. […]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: