Demagogy

Tetangga saya, suami-istri, terkena hipnotis, dan 5 juta rupiah melayang. Tapi ada hipnotis yang lebih berbahaya: demagogy. Demagogy menghipnotis jutaan orang dengan kebohongan dan logika palsu. Puluhan jutaan nyawa sudah melayang di tangan para demagog.

Hipnotis digunakan untuk mengendalikan orang lain. Membuat orang lain melakukan apa yang kita inginkan. Hipnotis memberi kita kuasa atas sesama kita, sehingga mereka itu seperti “budak” kita. Pada nurut.

It is a dangerous ability.

Tapi demagog itu lebih parah dan jahat. Demagog mengeksplotasi prejudis, kecurigaan, emosi, ketakutan dan keinginan masyarakat. Ia kemudian membuat logika-logika yang palsu, informasi yang palsu dan bukti-bukti palsu untuk mendukung pendapatnya. Demagog ini ulung dalam ber-retorika dan teknik orasi. Tapi intinya, ia bisa membungkus kebencian dan kejahatan dengan cara yang meyakinkan.

Hitler adalah salah satu demagog terbesar abad 20. Pada saat mental dan harga diri bangsa Jerman sedang jatuh, ia datang dengan pesan Nasioanlisme Sosialisme (Nazi). Dengan pidato yang hebat dan kemampuan teaterikal masal, ia berhasil membangun perasaan keagungan bangsa Jerman. Ini membuat mereka menutup mata terhadap rencana Hitler menaklukan bangsa-bangsa lain. Semboyan Deutsche uber alles, artinya bangsa Jerman superior, ditelan mentah-mentah.

Kegilaan Hitler ini meletupkan perang dunia kedua yang akhirnya membunuh 70 juta orang.

Anda mudah mempengaruhi orang lain. Cukup dengan trust dan logic. Kalau anda orang terpercaya dan penjelasan anda masuk akal, orang pasti nurut. Kalau anda tulus dan anda benar, semua patuh.

Oleh sebab itu, penting sekali kita menjaga kepercayaan orang.  Menjaga kebersihan hati dan niat kita.  Agar kita tidak menyalahgunakan kepecayaan orang.  Dan selalu mendasarkan diri pada kebenaran.  Tidak mau memutar balikkan fakta.

Demagog memutar logika dan kebenaran, dan mengkompensasinya dengan membangun otoritas kepercayaan. Misalnya dari statusnya, atau dari unsur supranaturalnya (seperti pemimpin agama). Ia sanggup membuat orang tidak berdaya mempertanyakan otoritas dan logikanya.

Bagaimana mengenal seorang demagog. Ia selalu mengeksploitasi ketakutan. Judgmental Fear. Ia memanfaatkan tenaga dahsyat evolusi, kekuatan kelangsungan hidup homo sapiens, untuk maksud negatif,

Kenali dia dari ancaman-ancaman terselubung. Ia selalu mengutak-utik ancaman terhadap survivability kita. Ia mempotretkan kita versus mereka. Inti pesan awal: “Kita orang baik dan lemah. Mereka berbahaya dan mengancam keselamatan kita. Kita adalah korban.”. Pesan ini berkembang menjadi: “Kita superior dan mereka harus takut dan takluk pada kita”.

Kalau anda bertemu orang yang berbicara kombinasi ini, anda sedang berhadapan dengan seorang demagog. Lawanlah atau larilah tunggang langgang. Jangan dekat-dekat.

Memang nature dari kita homo sapiens untuk terpengaruh oleh demagog. Oleh sebab itu, tanggung jawab kita semua untuk memiliki disiplin berpikir. Tidak gampang menelan mentah-mentah suatu pendapat. Sehingga kita makin kebal terhadap hipnotis.


  1. Banyak orang yang mengaku kena hipnotis saat dia kehilangan uang oleh pelaku yang mengaku bisa menggandakan uang. Sebenarnya menurut saya “hipnotis” hanya menjadi kambing hitam. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah kelemahan mereka sendiri yang ingin cepat kaya. Malu kan kalau ketahuan orang pengen cepat kaya dengan menggandakan uang. Jadilah mereka ke mana-mana ngakunya “saya kena hipnotis”.

  2. btw Pak Armien makin rajin nge-blog ya 😀 selamat Pak. Tulisannya bagus-bagus, saya ikuti terus lewat Google Reader.

  3. berarti iklan juga menghipnotis penonton dunk. khan fungsinya mmpengaruhi????

  4. Rhinoceros

    Melawan hipnotis dengan percaya diri
    Melawan pedagogi dengan pengetahuan

  5. coxon3011

    this blog always hypnotize people to come…Hehe
    Wah, berarti bapak juga… 🙂

  6. azrl

    @Tedytirta: thanks for the visit. Ia rajin, meskipun tidak serajin bulan april, bisa sepuluh posting sehari 🙂

    @Zener: saya pikir juga ada unsur begitu di iklan. Ibu-ibu jadi ingin kulit semakin putih karena di “hipnotis” iklan 🙂

    @coxon3011: haha nice try. Nggak lah, pertama niatnya nggak jahat , kedua nggak nakut-nakutin, ketiga nggak provokasi merusak, keempat berusaha nggak ngakalin.. jadi disqualified as demagog 🙂

  7. hahaha.. bener. blog bapa menghipnotis orang, sampe hitsnya 46,928 (curang!)

    Aneh banget, kebetulan, saya lagi ngobrol ama temen (psikolog) tentang (NLP) Neuro Linguistic Program… kalimat hebat yang mempengaruhi kerja otak kita dalam menentukan perilaku apa yang akan ditampilkan..

    Barangkali NLP ini bisa juga untuk mempengaruhi orang lain 😀




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: