Salut Samsat: 45 Menit STNK Selesai

Kembali angkat topi bagi polisi dan petugas samsat. Hari ini saya perpanjang STNK motor. Berangkat dari kampus pukul 7:45 ke Kantor Samsat Jl Pajajaran 88 Bandung. Jam 9:05 sudah tiba kembali ke kampus mengetik blog ini. STNK selesai!

Jam 7:55 sudah tiba di Samsat, sudah banyak orang berkerumun, makmlum besok kalender merah. Loket formulir belum buka, tapi petugas dengan ramah menerima STNK asli dan KTP asli, sebagai syarat pengambilan formulir. Jam 8:00 petugas loket memanggil nama satu-persatu. Nama saya dipanggil, dan form kecil + STNK + KTP diberikan.

Setelah mengisi nama, alamat, dan nomer pelat di form, saya memasukkan Form + STNK + KTP ke Loket Pendaftaran. Tadinya saya mau serahkan BPKB, ternyata tidak perlu. Dalam lima menit nama saya dipanggil untuk menerima potongan formulir tanda terima pendaftaran.

Duduklah saya mengobrol dengan sesama pendaftar yang lain. Kenalan baru saya ini mencoba mengajak saya ikut MLM. Hehehe. Ngobrol sana-ngobrol sini, jam 8:30 nama saya di panggil di Loket Kasir. Setelah menyerahkan potongan form tadi, saya ditagih pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Saya bayar, dan Potongan Formulir tadi dicap lunas dan diserahkan kembali pada saya.

Sekarang tunggu cetakan PKB. Sekitar 8:45, nama saya dipanggil di Loket Penyerahan STNK. PKB/STNK asli + KTP dikembalikan. Tidak lupa saya mengambil plastik pembungkusnya. Selesai!

Wow! Saya pernah mengalami sengsara perpanjangan STNK di Kantor Samsat Sukarno Hatta. Masuk pagi, sudah untung kalau jam 3 sore selesai. Padahal ini untuk bayar pajak.

Ingat dulu di Winnipeg. STNK itu sangat mudah. Tinggal cari kantor berlogo Autopac. Kita langsung didaftar di tempat lewat komputer. Kantor ini sudah menyiapkan cadangan pelat nomer. Tinggal ambil dari laci dan disesuaikan dengan printout STNK. Bayar, dan selesai. Lima belas menitan selesai.

Memang pagi ini kantor Samsat belum seperti Autopac. Tapi I loved what I saw this morning.

Mungkin ini juga gebrakan Kapolda Jabar ya? Saya tidak tahu. Tapi di jalan saya berdoa supaya Polisi tidak menyerah, dan berdoa semoga kesejahteraan dan gaji mereka dicukupkan untuk melayani masyarakat dengan bersih.

Saya berjanji tidak akan iri kalau gaji Polisi dan para public servant lebih tinggi dari gaji saya.

Advertisements

  1. Secret Reader

    Ikut angkat topi pak..
    Salute..

  2. Wah … ternyata perubahan itu benar-benar terjadi …

    Semoga kelak yang berubah tidak hanya kepolisian; nanti kita akan menyaksikan universitas2x di indonesia bangkit menuju persaingan tingkat internasional !!

  3. wah hebat euy brapo kepolisian Ri

  4. Kapolda Jabar yg baru memang sepertinya bukan cuma gertak sambal. Semoga performa polisi makin membaik!

  5. Beberapa waktu lalu saya baca di Indo Pos bahwa di Jatim sekarang malah sudah ada perpanjangan STNK Drive tru’ skitar 10 menitan tnpa harus turun dr mobil lho pak…

    • PRACONO AJI,SH

      info: di D.I.Yogyakarta persisnya di kecamatan Sewon Kab Bantul malah perpanjangan stnk hanta 4 menit tanpa turun dari kendaraan. Hebatnya lagi on line dari seluruh kabupaten yang ada di DIY.

  6. kusprasapta

    Pengalaman saya di Samsat Bandung Timur sama dengan pak Armein. Bahkan lebih cepat, 30 menit selesai. Tidak ada pengambilan dan pengisian formulir. STNK, KTP dan fotocopy BPKB diserahkan ke loket, langsung ditukar dengan nomor panggil. Tidak lama kemudian saya dipanggil untuk membayar PKB, dan tidak sampai 5 menit STNK sudah selesai.

    Menurut kabar, sekarang di samsat Soekarno Hatta sudah ada perpanjangan STNK Drive Through. Cuma saya belum coba.

  7. Ahmad

    Mungkin anda bagian dari orang SAMSAT Bandung Timur, soalnya saya korban dari kebobrokan pelayanan SAMSAT Bandung Timur pada pelayanan BBN II, semua orang yang bekerja pada unit tersebut mempunyai mental yang bobrok, buktinya saya memasukkan data kendaraan saya dari jam 10.00, tetapi sampe jam 15.00 saya baru dilayani, dikarenakan mereka memprioritaskan data-data yang diberikan oleh CALO (mungkin aja mereka bekerjasama dengan CALO tsb).
    Bapak kepala SAMSAT tolong diperingati anak buahnya..!!!!

  8. Pak, saya ingin tahu berapa biaya pengurusan perpanjangan SIM-nya?

    trims
    novianto

  9. Samsat emang OK !!!

    Yang paling penting pelayanannya trus lebih di tingkatkan,
    juga keamanannya …. bravo

  10. chand

    ooo….
    baguslah, kalau saya dulu pernah cabut nomor d kabupaten belitung, biayanya melebihi buat buka baru di kantor samsat yang baru, terus kwitansi di kantor samsat yang lama juga tidak ada, saya juga malas minta nya, takut di persulit. sedangkan di kantor yang baru saya cukup salut, karena biaya yang dikenai sesuai dengan yang di catat di dalam swdkllj pajak di STNK.

  11. waktu pulang ke bandung akhir taun kemarin
    saya sempat memperpanjang SIM A di Polres Cimahi
    semua berjalan tertib,cepat sesuai aturan dan plokisnya baik2, aturannya cukup jelas terpampang di dinding.

    tiba jam 9 pagi
    loket pertama (pendaftaran) diterima 2 plokis, salah satunya sih sempet nanya “urus sendiri atau dibantu pak?”
    saya bilang urus sendiri, lalu dia menerangkan prosedurnya
    saya diarahkan utk cap jari (Rp 5000), lalu tes kesehatan (Rp 20.000) … sayang tes kesehatan masih seperti dulu, ngasal.

    loket kedua (penyerahan berkas bukti cap jari dan tas kesehatan) lalu dikasih formulir dan diminta bayar ke loket ketiga aka Bank (Rp 60.000 utk perpanjangan SIM A)

    loket keempat (pemeriksaan dan data entry)
    loket kelima (sesi pemotretan)

    jam 11 sudah selesai

    Seperti pa Armein, saya juga punya pengalaman bikin SIM Canada, beli mobilnya, ngurus STNKnya dan asuransi mobil di Canada. Jadi saya punya referensi pelayanan SIM yang bagus itu bagaimana .. barusan dapat surat pemberitahuan utk bayar SIM utk tahun 2009-2010, dan alhamdulillah dapat zero point inaptitude aka ga pernah kena tilang.

    dan ketika memperpanjang SIM A di Cimahi kemarin, saya punya harapan besar pelayanan SIM dan segala yg berhubungan dgn kendaraan di Indonesia akan lebih baik ke depannya.

  12. irna

    apa yakin???
    kalo gtu perusahaan saya bisa ikut gabung dong dgn sistem itu

  13. kang ipan

    Saya beli mobil 2nd dan bulan september ini harus bayar pajak.saya minta tolong saudara untuk mengurusnya ternyata tidak perlu BPKB.masalahnya saya tidak memiliki ktp asli pemilik mobil pertama.(sudah ditelepon….tapi pemiliknya justru marah2,sy disuruh balik nama aj)
    cari2 tau bea balik nama mahal dan kbtulan dompet lagi tipis.akhirnya coba tanya2 calo disekitar Samsat Bandung Barat ….mereka minta 200rb kalau tidak ada KTP asli
    Mau jadi warganegara yg baik aja susah….(baca: bayar pajak),harus pake balik nama segala dan itu juga dengan biaya yang tidak sedikit….pertanyaannya uangnya kemana aja yah dan dialokasikan utk apa saja….harga kertas dan tinta juga ngga semahal itu
    kmungkinan korupsi gede itu
    kok bisa yah calo “nembak” ato perpanjang STNK tanpa KTP asli????pasti ada orang dalem yg “nakal”….ato memang sebenarnya tidak perlu ktp asli yah????
    bagi teman2 yg punya koneksi org samsat tolong disampaikan keluhan saya ini yah klo bisa skalian solusinya

    • azrl

      Seharusnya tidak perlu ada cerita BBN segala. Karena STNK kan soal pajak ya.

      Balik nama itu kan mahal. Mungkin Rp. 5 juta lebih. Padahal mobilnya kan 2nd hand, paling cuma untuk 10 tahun. untuk 10 thn itu paling habis Rp 2jt, kan ya. Jadi orang nembak saja.

  14. luv

    alamat samsat bandung timur di mana yah??

  15. Yoto sar

    Salut & terkejut dengan pelayanan perpanjangan stnk, kantor samsat daan mogot layanan drive truu… Gampang & cepat 10 menit beres. Trima kasih Pa Polisi,, sy sangat senang dengan layanan ini.

  16. rusydi sakti

    di ciamis ngga terbukti tuh kang, udah 2jam lewat habis daftar belum dipanggil-panggik juga. Cape deh

  17. iwan a rohman

    poknya samsat bandung timur emang bagus pelayananya!

  18. Rusdi Umar

    salut, smoga k depnnya ada pembyran on line. Info ini sngt brmnfaat. Thanks…




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: