Bandungwood?

Ada Hollywood, ada Bollywood, mengapa tidak Bandungwood?  Saat industri film semakin sarat dengan animasi 3D, termasuk film realistik, kita seharusnya bisa menjadi pusat industri film.

Tidak banyak di Indonesia ini yang bisa menyamai Bandung.  Ini kota kreatif.  Setiap tahun ribuan calon mahasiswa membanjiri Bandung, lengkap dengan talenta mereka.  Di sini juga ada pusat-pusat seni, seperti FSRD, Sekolah Tinggi Seni, dsb.

Pada saat yang sama, Bandung juga adalah pusat teknologi (sampai bosen dengernya..).  Jadi di Bandung inilah peluang bersenyawanya seni dan teknologi.  Ini cocok untuk industri kreatif seperti film tadi.

Bahkan akhir-akhir ini Bandung sudah menjadi destinasi wisata orang Jakarta.  Terlepas dari p roblem yang ditimbulkan, hal ini memberikan aura Bandung sebagai tempat refreshing.  Tempat penyegaran yang kondusif untuk entertainment dan kreativitas.

Dan tetap tidak jauh dari Jakarta, hanya 2 jam berkedaraan.

Mendingan melihat tukang bakso yang hijrah ke Bandung, atau artis?


  1. Ide bagus pak! Ya, mengapa tidak?

  2. duh, bandung tanpa artis jakarta saja sudah sesesak ini.. 😦

    kalo memberdayakan isi bandung supaya jadi pusat industri entertainment dengan bumbu hi-tech… tampaknya ide yang bagus juga. 😀

    *mimpi punya ILM made in bandung*

  3. kalo nonton behind the scene film-film holywood rasanya kapan yach ina punya studio film yg seperti itu, ada landasan pesawatnnya, rel kereta api..wuich macam2 dech jadi kalo bikin film laga betul2 asyik tuch, ayo pak di usulin ka gubernur yang baru mumpung wakilnya mantan bintang film ..

  4. Adhi Setyo

    Iyah setuju Pak. Bandung emang udah jadi kota kreatif. Senang sekali melihat ada pembahasan creative industry seperti ini. Klo soal film, perfilman di bandung udah berkembang lho, terutama bwat film independent. Film2 indie produksi Kineruku (http://www.rumahbuku.info/user/index.php) udah masuk ke festival2 internasional di beberapa negara seperti film Anak Naga Beranak Naga (http://anaknagaberanaknaga.com) yang baru-baru ini diputar di 21st Singapore International Film Festival tanggal 7 April 2008 lalu. Klo soal musik, bandung ga usah ditanya lagi lah yaa. Pembahasan creative industry di bandung ini memang sedang hangat-hangatnya. Desember 2007 kmaren dibentuk Bandung Creative City Forum yang difasilitasi oleh Gustaff H. Iskandar dari Common Room (sepertinya Bapak jg knal), terdiri dari para pelaku dan komunitas yang beragam dan bersifat terbuka.Ini artikelnya:
    http://commonroom.info/2007/common-room-community-gathering-2007-bandung-creative-city-forum/
    Saat ini, kami dan teman-teman dari Campuschannel lainnya sedang mengupayakan mengintegrasi kegiatan creative industry yg ada di kampus sebagai content inti dari campuschannel (http://campuschannel.itb.ac.id/). Smoga hal ini berjalan dengan lancar dan Bandung menjadi Creative City seperti yg kita impikan. =D

  5. adhisetyo132

    Asw. Perkenalkan sy Adhi Setyo. Senang sekali melihat ada pembahasan tentang creative industry seperti ini. Sy setuju dengan Bapak. Bandung emang udah jadi kota kreatif. Klo soal film, perkembangan perfilman di bandung cukup bagus lho, terutama untuk film independent. Film2 independent produksi Kineruku (http://www.rumahbuku.info/user/index.php) udah masuk ke festival2 film internasional di berbagai negara seperti film Anak Naga Beranak Naga (http://anaknagaberanaknaga.com/) yang tanggal 7 April 2008 lalu diputar di 21st Singapore Internasional Film Festival. Klo soal musik, bandung sih ga usah ditanya lagi lah yaa. Pembahasan mengenai creative industry di Bandung memang sedang hangat. Desember lalu telah terbentuk Bandung Creative City Forum yang difasilitasi oleh Mas Gustaff H. Iskandar dari Common Room (sepertinya Bapak jg knal), terdiri dari para pelaku dan komunitas yang beragam dan bersifat terbuka. Ini artikelnya :
    http://commonroom.info/2007/common-room-community-gathering-2007-bandung-creative-city-forum/
    Saat ini, kami dan teman2 dr Campuschannel (http://campuschannel.itb.ac.id/) sedang berupaya mengintegerasikan kegiatan creative industry yang ada di kampus ITB sebagai content inti dalam Campuschannel. Smoga hal ini berjalan lancar dan Bandung akan menjadi Creative City seperti yang kita impikan. =D




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: