Uang Masa Depan

Meskipun uang kertas sudah berhasil menggerakkan ekonomi dunia, kemakmuran masa depan menuntut reformasi moneter. Manusia perlu mendesain uang yang baru. Dan setiap orang boleh mencetak mata uang sendiri.

Mata uang kertas adalah suatu invensi manusia yang luar biasa. Dengan kertas ini, perekonomian berputar. Orang semakin makmur. Kelaparan berkurang. Manusia sebenarnya menjadi lebih kaya.

Bayangkan kalau tidak ada uang kertas. Bagaimana kita bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari? Banyak orang akan mati kelaparan, karena gagal panen. Untung ada uang kertas. Karena uang kertas ini, banyak orang berjuang membuat berbagai produk untuk kita konsumsi.

Tapi dampak negatif juga banyak. Kaya miskin sekarang diukur dari jumlah uang yang ia simpan. Korupsi terjadi karena orang bisa mengambil uang tanpa berproduksi. Dan orang bisa hidup susah kalau tidak memiliki cukup uang.

Belum lagi bencana akibat krisis moneter. Perubahan kurs mata uang bisa mencelakakan nasib banyak orang.

Jadi, meskipun jasanya sudah banyak, konsep uang harus diperbaiki.

Sekarang sudah banyak sekali, mungkin ratusan, mata uang. Setiap negara mendefinisikan mata uangnya sendiri. Kok boleh?

Kemudian banyak juga pseudo money: securities atau kertas berharga. Kertas berharga seperti saham dan bond diciptakan perusahaan untuk menyimpan kekayaan juga. Kok boleh?

Mengapa tidak?

Sebenarnya di masa datang, siapapun boleh mencetak “uang” sendiri-diri. Jadi setiap pribadi meiliki mata uang sendiri. Bisa dicetak satu self-dinar atau self-dollar per hari, sampai meninggal. Nanti ada pasar uang, di mana kurs mata kuang pribadi ini ditentukan.

Tentu kurs kita akan tinggi kalau kita berilmu, kompeten, dan pegang janji. Kalau kita produktif, kurs kita semakin tinggi.

Apa esensi mata uang pribadi itu? Itu adalah janji atau kontrak dari kita untuk mendelivery produk atau jasa berdasarkan talenta atau asset kita.

Banyak untung pendekatan dollar pribadi ini.

Pertama, tidak ada lagi orang yang miskin, karena semua orang pasti punya uang. Dollar atau dinnar pribadi itu, yang diterbitkan setiap hari.

Kedua, orang akan pegang janji dan tidak jahat, agar kurs pribadi tidak jatuh.

Ketiga, orang akan selalu meningkatkan komptenesi dan kegunaannya, agar kurs nya bisa lebih tinggi lagi.

Keempat, tidak ada lagi korupsi dan pencurian karena setiap mata uang ada pemiliknya yang jelas, dan datang dari transaksi yang jelas.

Dengan cara yang saya usulkan ini, maka kita tetap menikmati keuntungan ekonomi dari mata uang kertas, sambil membangun produktivitas. Dan sekaligus memberantas kemiskinan, dan korupsi.

Untuk bisa melacak begitu banyak mata uang, tentu diperlukan inovasi komputasi dan teknologi digital. Tapi itu bisa dilakukan dengan teknologi ICT masa kini.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,002 other followers

%d bloggers like this: